Sukses

Ini Penampakan Lobster Langka Berwarna Biru

Warnanya biru, seperti air laut yang banyak terjamah sinar matahari. Lihat...

Liputan6.com, Maine - Lobster langka ditemukan seorang remaja dan ayahnya di Maine, Australia. Warnanya biru, seperti air di laut lepas yang banyak terjamah sinar matahari.

Dikutip dari News.com.au, Selasa (26/8/2014), Jay LaPlante dan putrinya Meghan LaPlante kini menyimpan makhluk laut unik itu ditempat terpisah.

"Skyler disimpan dalam tangki terpisah dari lobster lainnya, menghindari kanibalisme sesama krustasea," kata Jay.

Warna biru cerah Lobster berasal dari cacat genetik yang memicu produksi protein tertentu secara berlebihan. Warna itu pun terbentuk pada cangkangnya.

"Saya tahu bahwa itu pasti jarang, tapi aku benar-benar belum pernah melihat lobster seperti itu sebelumnya," kata Meghan.

"Ini benar-benar menakjubkan," ucap sang ayah, Jay menimpali.

Meghan LaPlante memiliki lisensi untuk menangkap lobster, memungkinkan dirinya untuk menangkap 150 kali dalam setahun. Melalui usahanya, Meghan Lobster Catch, telah menghabiskan waktu lebih dari 1.000 jam untuk menarik kail mencari krustacea itu.

Meghan pun akan mendapatkan lisensi komersialnya dalam bidang itu tahun depan. Lalu ia akan bisa menangkap lobster 300 kali per tahun. Dana yang terkumpul dari usaha itu, ia investasikan dan sisanya dipakai untuk kuliah.
 
Perempuan berusia 14 tahun itu akan menyumbangkan satu dari dua juta crustacea langka ke akuarium yang dikelola pemerintah, Akuarium Maine.

Sebelumnya, hasil tangkapan nelayan di Connecticut juga membuat heboh orang-orang yang melihatnya. Tangkapannya memang biasa, hanya seekor lobster --sejenis udang. Tapi hewan jenis crustacea itu langka, karena memiliki warna seperti sudah dimasak.

"Awalnya aku pikir itu hanya sebuah lelucon. Yang terbuat dari plastik. Lobster itu terselip di antara beberapa hewan laut lainnya," kata Jere Lacoske.

Warna lobster itu kecoklatan, dan di beberapa bagian ada warna coklat tua seperti sudah dipanggang. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini