Sukses

Ini 2 Calon Kuat Ketua DPRD DKI Jakarta

PDIP sebagai parpol yang memperoleh kursi terbanyak di DPRD DKI berhak mendapatkan jatah kursi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Para anggota DPRD DKI baru saja dilantik pada Senin kemarin. Usai itu, posisi Ketua DPRD periode 2014-2019 pun perlu diisi. PDIP sebagai parpol yang memperoleh kursi terbanyak di DPRD DKI berhak mendapatkan jatah kursi tersebut.

Menurut anggota DPRD dari Partai Golkar Asraf Ali, saat ini ada 2 nama calon kuat dari PDIP yang digadang-gadang menjadi Ketua DPRD. Yaitu, Pantas Nainggolan dan Prasetyo Edi Mursadi.

"Kami dukung penuh keputusan dari PDIP untuk tetapkan siapa ketua dewan 5 tahun mendatang. Tentu PDIP tidak mau menempatkan sembarang orang. Tapi saya cenderung ke Prasetyo untuk jadi ketua," ucap Asraf Ali di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (26/8/2014).

Karena, menurutnya, Prasetyo memiliki kemampuan relationship dan komunikasi yang baik. Baik itu kepada sesama partai maupun luar partai. Karena kompetensi ketua DPRD bukan hanya dibutuhkan untuk hal yang formal semata, juga kemampuan informal.

Sementara, politisi Partai Nasdem Inggard Joshua yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD DKI menilai PDIP memiliki kapabilitas dan pengalaman panjang dalam memilih kader yang mengemban jabatan strategis. Terutama untuk jabatan Ketua DPRD.

"Harus punya kompetensi. Terus punya semangat untuk memberikan diplomasi secara tegas dan bisa menerima informasi. Dan itu bisa dilakukan manakala yang bersangkutan berpengalaman, potensinya besar berkaitan kepemimpinan. Ramah, wise," jelas Inggard.

Pada Senin 25 Agustus kemarin, 106 anggota DPRD DKI dilantik. Untuk menjabat sebagai Ketua DPRD DKI sementara dipilih politisi PDIP Jhony Simanjuntak. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini