Sukses

Segera Akhiri Masa Jabatan, SBY Pamit ke Presiden Timor Leste

SBY dalam kesempatan itu juga menyampaikan optimistisnya kalau di masa depan hubungan kedua negara akan makin lebih baik.

Liputan6.com, Dili - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berpamitan kepada Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak dan para koleganya dalam jamuan santap siang kenegaraan yang digelar di Istana Kepresidenan Nicolau Lobato, Dili, Timor Leste. Hal itu dilakukan SBY karena segera mengakhiri masa jabatannya sebagai presiden.

"Saya sekaligus berpamitan dan sampaikan terima kasih dan atas kontribusi Bapak Presiden dan sahabat kami, para tokoh di negeri ini dalam memperkuat hubungan dan kejasama kedua negara," kata SBY di Jakarta, Selasa (26/8/2014) siang.

SBY dalam kesempatan itu juga menyampaikan optimistisnya terhadap pemerintahan mendatang di bawah presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan wakil presiden terpilih Jusuf Kalla akan menjaga dan meningkatkan hubungan baik dan kerja sama di antara kedua negara.

"Saya optimis Pemerintah Indonesia di bawah presiden terpilih Jokowi dan wakil presiden Jusuf Kalla tetap berkomitmen untuk menjaga dan mempererat hubungan kerja sama dan persahabatan dengan Timor Leste," ujarnya.

Presiden menambahkan, kerja sama kedua negara terus berkembang dengan baik. Timor Leste merupakan tetangga dan sahabat yang penting.

Karena itu pula, lanjutnya, pemerintah Indonesia tidak hanya mendukung namun juga menggalang dukungan bagi Timor Leste untuk dapat bergabung di ASEAN. "Indonesia tidak hanya mendukung tapi terus menggalang negara-negara ASEAN lainnya," kata SBY.

Jamuan santap siang sebagai bagian dari rangkaian kunjungan kenegaraan tersebut dihadiri pula oleh Perdana Menteri Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao, mantan Perdana Menteri Timor Leste Mari Alkatiri dan mantan Presiden Timor Leste Ramos Horta.

Dalam kunjungan kenegaraan tersebut, Kepala Negara beserta Ibu Negara Ani Yudhoyono juga menanam pohon di halaman depan Istana Kepresidenan Timor Leste. (Ant/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini