Sukses

Ahok: Wagub DKI Bisa Juga Rieke Diah Pitaloka

Ahok akan menggantikan Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta yang segera dilantik menjadi Presiden ke-7 RI.

Liputan6.com, Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama mengisyaratkan kader PDIP Rieke Diah Pitaloka kemungkinan besar akan diajukan sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Basuki alias Ahok akan menggantikan Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta yang segera dilantik menjadi Presiden ke-7 RI.

"Bisa juga Rieke Pitaloka," ucap Ahok di Balaikota Jakarta, Selasa (26/8/2014).

Dia mengakui, sebenarnya lebih menginginkan sosok perempuan yang menduduki kursi orang nomor 2 di Ibukota. Karena itulah ia sempat menyebut nama Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Sarwo Handayani, sebagai orang yang cocok menjadi wakilnya nanti. Bahkan ia sering mengaku lebih senang jika wakilnya adalah seorang artis.

"Saya bilang mau artis kan? Rieke artis kan," ujarnya.

Namun, hal itu diakui Ahok merupakan keinginannya secara pribadi. Karena keputusan pengajuan nama calon Wagub DKI tergantung dari partai pengusungnya yakni PDIP dan Partai Gerindra.

Nama-nama seperti Ketua DPD PDIP Boy Sadikin, mantan Walikota Blitar Djarot Saiful Hidayat, mantan Walikota Surabaya Bambang DH, juga sempat muncul sebagai calon kuat untuk diusulkan menjadi Wagub DKI.

Namun yang pasti dirinya juga memiliki andil untuk memberikan saran kriteria wagub. Karena surat pengajuan calon wagub sebelum dikirim ke DPRD DKI, nantinya diberikan kepadanya terlebih dulu.

"Terserah siapa saja. Kalau berebut antara PDIP dan Gerindra, nanti DPRD yang menentukan, 106 orang harus voting. Tapi minimal surat pengajuan nama wagub nanti kita yang ngajuin. Minimal nego-nego lah," jelas Ahok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini