Sukses

RI-Timor Leste Tanda Tangani Sejumlah Nota Kesepahaman

Pertemuan bilateral ini akan membahas kerja sama di bidang ekonomi, pendidikan, konektivitas, dan people to people contact.

Liputan6.com, Dili - Usai bertemu Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak di Palacio Presidencial Nicolau Lobato, Dili, Timor Leste, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan melakukan pertemuan bilateral dan menandatangani sejumlah nota kesepahaman, Selasa (26/8/2014) siang ini.

Menurut Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah, pertemuan bilateral ini akan membahas kerja sama di bidang ekonomi, pendidikan, konektivitas, dan people to people contact. Selain itu, juga akan dibahas isu-isu regional dan global yang mejadi perhatian kedua negara.

Akan ditandatangani pula sejumlah Nota Kesepahaman di bidang perikanan dan kelautan, pendidikan dan kebudayaan, teknologi informasi, serta Development on Regional Integrated Economic Approach (DRIEA). SBY juga dijadwalkan meletakkan batu pertama pendirian Gedung Pusat Budaya Indonesia di Dili.

Terkait kunjungan ini, Faizasyah menjelaskan bahwa hubungan bilateral Indonesia dan Timor Leste sejak pembukaan hubungan diplomatik pada 2002, kini telah semakin kokoh dan terus mencatat peningkatan yang berarti di berbagai bidang.

"Pertemuan bilateral Presiden SBY dengan Presiden Taur Matan Ruak maupun dengan PM Xanana Gusmao akan dimanfaatkan untuk membahas berbagai raihan kerja sama sekaligus mengeksplorasi peluang-peluang kerja sama baru, utamanya bidang-bidang yang kiranya dapat ditindaklanjuti oleh pemerintahan RI di bawah Presiden dan Wakil Presiden terpilih," ujar Faizasyah seperti ditulis laman presidenri.go.id.

Sementara itu, Ibu Negara Ani Yudhoyono petang nanti diagendakan bertemu dengan Ibu Negara Timor Leste Isabel da Costa Ferreira, kemudian meresmikan Rumah Pintar Casa da Cidadania atau House of Citizenship.

Sedangkan SBY pada waktu yang sama juga akan melakukan pertemuan ramah-tamah dengan Perdana Menteri Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao.

SBY tiba di Bandar Udara Internasional Presidente Nicolau Lobato, Dili, setelah terbang 2 jam dan 20 menit menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan BBJ-2 dari Papua, Senin siang kemarin.

Saat tiba di Bandara Presidente Nicolau Lobato, SBY disambut antara lain oleh Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Timor Leste Jose Luis Guterres dan Menteri Negara Administrasi Pemerintahan Jorge da Conceicao Teme.

Petang harinya, SBY dengan didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono dan rombongan mengunjungi Taman Makam Pahlawan Seroja. TMP Seroja merupakan pemakaman para prajurit TNI dan Polri yang gugur selama bertugas di bekas provinsi ke-27 Indonesia tersebut.

Di antara pahlawan yang gugur terdapat teman-teman seperjuangan SBY sewaktu bertugas di Timor Timur (sekarang Timor Leste). Sebagai seorang prajurit, SBY pernah 3 kali bertugas di Timor Timur, yakni tahun 1976-1977, 1979-1980, dan 1986-1988. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.