Sukses

Retakan Berkedalaman 8 Meter di Meksiko Masih Misterius

Menyusul California, gempa berkekuatan 6,9 Skala Richter juga mengguncang Peru.

Liputan6.com, Amerika Serikat - Gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter mengguncang California, Amerika Serikat, Minggu 24 Agustus 2014 waktu setempat. Akibat gempa ini sebanyak 130 orang terluka dan 3 di antaranya luka kritis. Gempa juga memicu ledakan gas yang mengakibatkan kebakaran pada sebuah taman tempat parkir mobil rumah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (26/8/2014) dini hari, gempa itu terjadi pada kedalaman 7 mil dan guncangannya terasa hingga San Fransisco. Gempa ini merupakan gempa terkuat yang terjadi di San Fransisco Bay dalam 25 tahun terakhir.

1 Jam kemudian, datang gempa susulan dengan kekuatan 2,6 Skala Richter. Ahli dari Badan Survei Geologi, Amerika Serikat menyebut gempa susulan dengan kekuatan hingga 5 skala richter ini kemungkinan bisa terjadi hingga beberapa hari ke depan.

Menyusul California, gempa berkekuatan 6,9 Skala Richter mengguncang Peru. Dilaporkan setidaknya 2 orang terluka dan belasan bangunan rusak atau hancur. Gempa terjadi di kawasan pegunungan di dekat Tambo dengan kedalaman 101 kilometer.

Sementara di Meksiko sebuah retakan besar muncul di wilayah dekat Hermosillo. Retakan sepanjang sekitar 1 kilometer ini menyebabkan jurang sedalam 8 meter.

Belum diketahui apa penyebab retakan yang terjadi pekan lalu itu. Retakan selebar hampir 5 meter ini merusak ruas Jalan Raya 26 antara Hermosillo dan kawasan pesisir. (Rmn)

Baca juga:

Gempa Terdahsyat Dalam 25 Tahun, California Berstatus Darurat
Gempa 7 SR Guncang Peru
Fenomena Cuaca Aneh, dari Hujan Kodok Hingga Tornado Api

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.