Sukses

Sekolah Teknik Otomotif dan Robotik Kini Hadir di BINUS

Mahasiswa yang menuntut ilmu di BASE akan dibekali kurikulum berbasis industri dan praktek kerja di Jepang.

Liputan6.com, Jakarta BINUS University bekerja sama dengan sekolah teknik asal Jepang, ASO College untuk melahirkan generasi muda berkualitas di bidang otomotif dan robot serta teknik product design.

Kerja sama kedua institusi pendidikan tersebut diwujudkan dalam nama BINUS-ASO School of Engineering (BASE) yang secara resmi dilaunching hari Senin (25/8). Bagi BINUS University, kerja sama ini merupakan komitmen untuk melanjutkan upaya memajukan bangsa Indonesia melalui pendidikan berkualitas dan menjadi A World Class University in Continuous Pursuit of Innovation and Enterprise.

"Kami bangga mempersembahkan BINUS-ASO School of Engineering dan akan hadir dalam dua bidang keilmuan, yaitu Automotive & Robotics Engineering dan Product Design Engineering. Kedua program ini merupakan program unggulan dari ASO College dan telah menghasilkan lulusan yang tersebar di berbagai industri di Jepang dan Internasional," ujar Rektor BINUS University Prof Dr Ir Harjanto Prabowo MM dalam launching BINUS-ASO School of Engineering di lobi Kampus JWC, BINUS, Jakarta Selatan.



Menurut Harjanto, BASE akan menjawab tantang global dalam melahirkan para engineers muda berkualitas dalam bidang otomotif, robotik, dan desain produk, sehingga memiliki daya saing tinggi untuk menciptakan beragam inovasi.

Mahasiswa yang menuntut ilmu di BASE akan dibekali kurikulum berbasis industri dalam bahasa Inggris dan tambahan bahasa Jepang. Mahasiswa juga akan mendapatkan praktik kerja langsung di Jepang untuk mengetahui bagaimana industri di Jepang berjalan. Nantinya mahasiswa akan berkesempatan mendapat jaringan industri Jepang dan partner di seluruh dunia, sehingga lulus dari BASE peluang untuk berkarir akan menjadi lebih besar.

CEO of ASO College Group, Yutaka Aso, mengungkapkan kegembiraannya dapat bekerja sama dengan Indonesia di bidang pendidikan, khususnya BINUS University, sehingga dapat mendirikan sekolah khusus teknik.

"Merupakan sebuah kesempatan yang luas biasa bagi ASO Group untuk bekerja sama dengan BINUS dan mendirikan BINUS-ASO School of Engineering," ujar Yutaka Aso.

Menurut dia, Indonesia adalah negara berkembang yang dinamis dan terbuka. Sehingga industri otomotif dan teknologi di Indonesia memiliki masa depan cerah.

"Saya yakin perkembangan perekonomian di Indonesia akan berlangsung dengan sangat pesat," jelas Yutaka Aso.

Tes masuk untuk sekolah BASE akan dilaksanakan pada Minggu 12 Oktober 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini