Sukses

Setelah 25 Tahun, Gempa Kuat Guncang California, Puluhan Cedera

Gempa berkekuatan 6 SR mengakibatkan sekitar 87 orang cedera, termasuk 3 warga dalam kondisi kritis.

Liputan6.com, California - Gempa berkekuatan 6 skala Richter melanda wilayah utara California Utara, Amerika Serikat, tak jauh dari kawasan perkebunan anggur di lembah Napa pada Minggu 24 Agustus pagi waktu setempat atau Minggu malam WIB.

"Gempa pada Minggu pukul 03.30 waktu setempat berlokasi sekitar 10 km sebelah barat laut American Canyon, yaitu sekitar 6 km sebelah barat daya dari Napa," ungkap Leslie Gordon dari Badan Survei Geologi AS (USGS) seperti dilansir Fox News yang dikutip Liputan6.com, Senin (25/8/2014) dini hari.

Sejauh ini gempa tersebut mengakibatkan sekitar 87 orang cedera, termasuk 3 warga dalam kondisi kritis. Gempa juga menimbulkan kerusakan yang luas, termasuk kebakaran dipicu oleh pipa gas meledak di Bay Area.

Pihak rumah sakit di Napa melaporkan tengah merawat 87 orang. Juru bicara rumah sakit Vanessa DeGier mengatakan sebagian besar pasien mengalami luka, benjolan, dan memar.

Guncangan gempa turut mengakibatkan alarm mobil milik banyak warga di sekitar Bay Area berbunyi. Sementara, sebagian warga di wilayah Sonomo, berhamburan keluar rumah di tengah kegelapan.

"Ini adalah gempa yang terkuat sejak gempa Loma Prieta yang terjadi pada 1989 silam. Ketika itu gempa mengguncang wilayah California dengan kekuatan 6,9 SR," demikian pernyataan Badan Survei Geologi AS.

Pihak USGS juga memastikan gempa yang melanda termasuk dalam kategori gempa dangkal. USGS menambahkan, pusat kedalaman gempa mencapai 11,2 kilometer. Mereka juga mencatat beberapa gempa susulan terasa di wilayah Napa.

Reuters menulis, gempa kali itu disebut sebagai yang terbesar setelah gempa Loma Prieto pada tahun 1989. Usai gempa pertama, menurut ahli geofisika USGS Randy Baldwin, kejadian itu akan disusul beberapa gempa kecil.

"Ini adalah gempa terkuat dalam beberapa dekade. Akan ada banyak gempa susulan," ucap Baldwin. Ia menjelaskan pula sebagian besar gempa susulan berkekuatan sekitar 2 SR. Gempa susulan itu bisa berlanjut selama beberapa pekan ke depan.

Menurut Fox News, ribuan gempa kecil terjadi di California setiap tahun. Beberapa ilmuwan bahkan mengatakan kondisi ini mengindikasi ada pergerakan memotong lapisan kerak bumi di California. Tercatat ada 4.895 gempa bumi di California dalam rentang tahun 1974 dan 2003 dengan kekuatan 3,5 atau lebih, atau sekitar 163 gempa per tahun.

Baca juga:

Gempa 6,6 Skala Richter Guncang Chile
Gempa 5,1 SR Ekuador Sebabkan Longsor, Bandara Tutup & 4 Tewas
Gempa Bawah Laut 6,9 SR Guncang California

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini