Sukses

Gempa 6,6 Skala Richter Guncang Chile

Sejauh ini belum ada laporan mengenai korban cedera ataupun kerusakan serius akibat gempa kuat tersebut.

Liputan6.com, Santiago - Gempa bumi kembali mengguncang Chile. Kali ini gempa berkekuatan 6,6 skala Richter.

Seperti dikutip dari ABC News, Minggu (24/8/2014), Badan Survei Geologi Amerika Serikat mencatat, gempa mengguncang wilayah sekitar Valparaiso, Chile pada Sabtu pukul 22.32 GMT (19.23 EDT).

Sejauh ini belum ada laporan mengenai korban cedera ataupun kerusakan serius akibat gempa kuat tersebut. Namun, listrik dan layanan telepon terputus di beberapa daerah.

Badan seismologi setempat mengatakan, laporan awal menunjukkan gempa itu berpusat sekitar 18 kilometer barat laut dari sebuah komunitas yang disebut Hacienda La Calera, sekitar 118 kilometer dari Ibukota Chile, Santiago. Kedalaman gempa sekitar 32 kilometer.

Chile kerap diguncang gempa dahsyat. Terakhir pada Selasa malam 1 April 2014, rakyat Chile panik. Bumi yang mereka pijak berguncang hebat. Saat itu gempa berkekuatan 8,2 skala Richter bergemuruh di lepas pantai dan memicu tsunami.

Walau mengalami bencana sehebat itu, 'hanya' 6 orang yang tewas. Aparat menyebut, 4 dari mereka meninggal gara-gara longsor yang dipicu gempa, listrik yang mati, dan kena serangan jantung gara-gara mendengar soal tsunami. Dua lainnya akibat tertabrak.

Baca juga:

Ilmuwan: Gempa Dahsyat Lebih dari 8,5 SR Ancam Chile
2 Kali Gempa Susulan, Warga Chile Pilih Ngungsi
Gempa 8,2 SR di Chile Tapi `Hanya` 6 yang Tewas, Mengapa?
Belajar dari Gempa Chile

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini