Sukses

Top 5 News: 'Armada Drone' Jokowi - Hujan Abu Gunung Slamet

Berikut Top 5 News atau berita paling hits di kanal News Liputan6.com edisi Sabtu 23 Agustus 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam debat capres pada Minggu 22 Juni 2014, Joko Widodo memunculkan impian soal ketangguhan ketahanan nasional. Salah satunya penggunaan pesawat nirawak (drone) atau pesawat terbang tanpa awak (PTTA) untuk mengawal negara kepulauan yang besar ini. Ada dua manfaat, dalam bidang pertahanan juga ekonomi.

Wacana Jokowi menuai pro-kontra, ada yang setuju dan menolak rencana tersebut. Profesor Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, ahli PTTA atau UAV dan radar dunia asal Indonesia, pun ikut bicara mengenai wacana ini.

Artikel tersebut menjadi salah satu berita terpopuler di Liputan6.com. Berikut Top 5 News atau berita paling hits di kanal News Liputan6.com edisi Sabtu 23 Agustus 2014.


1. 'Armada Drone' Jokowi

Profesor Josaphat siap membantu mewujudkan drone buatan Indonesia, cocok dipakai di Nusantara, dan satu-satunya di dunia!

Guru Besar Universitas Chiba, Jepang ini mengatakan perlu rencana matang agar rencana ini bisa terlaksana. Pria asal Bandung ini menuturkan, jika Jokowi jadi mengaplikasikan drone, alangkah baiknya pengembangannya dilakukan dari dalam negeri.

Selengkapnya: Saran Ilmuwan RI yang Mendunia Soal 'Armada Drone' Jokowi

2. SBY Titip Papua pada Jokowi

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membuka Sail Raja Ampat di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC) Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat pagi tadi. Kepada warga di timur Indonesia itu, SBY berjanji akan menitipkan Papua pada presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi.

"Titipan ini bukan hanya dari Tanah Papua agar beliau juga memiliki komitmen yang besar untuk membangun Tanah Papua ini, tetapi juga dari saudara-saudara kita di banyak provinsi," kata SBY seperti dikutip dari laman Presidenri.go.id, Sabtu (23/8/2014).

Selengkapnya: SBY Titip Papua pada Jokowi

3. Hujan Abu Gunung Slamet

Hujan abu tipis melanda Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Hujan abu yang berasal dari aktivitas vulkanik Gunung Slamet tersebut, turun berbarengan dengan hujan gerimis pada sekitar pukul 13.00 WIB.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (23/8/2014), kabut tipis terasa pedih dan gatal di mata. Hidung terasa panas, meski menggunakan helm dengan kaca tertutup.

Selengkapnya: Hujan Abu Gunung Slamet Turun di Kota Purwokerto

4. Pengunduran Diri Jokowi sebagai Gubernur

Presiden terpilih Joko Widodo mengaku akan mengajukan pengunduran dari jabatan sebagai gubernur DKI Jakarta, setelah pelantikan anggota DPRD DKI Jakarta yang baru pada 25 Agustus 2014 besok. Jokowi mengaku berkas surat-surat pengunduran dirinya telah ia siapkan dan selanjutnya tinggal diajukan kepada DPRD.

"Kalau suratnya kan sudah saya pegang. Nanti tunggu DPRD dilantik dulu. Setelah dilantik kan nanti masih milih ketua-ketua," ujar Jokowi saat menghadiri acara Halal Bihalal bersama tim relawan Bravo 5 di Hotel Discovery, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu, (23/8/2014).

Selengkapnya: Jokowi Ajukan Pengunduran Diri Setelah DPRD DKI Dilantik

5. Beragam Isu Pengunduran Diri Karen

Direktur utama (Dirut) Pertamina, Karen Agustiawan mundur dari posisinya. Vice President Coorporate Communication perusahaan itu, Ali Mundakir harus menggelar konferensi pers mendadak untuk memenuhi keingintahuan para jurnalis yang kaget dengan langkah mengejutkan tersebut.

Dalam Barometer Pekan Ini yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (23/8/014), maklum saja sudah lama jadi rahasia umum jika BUMN yang satu ini kerap menjadi sapi perahan banyak pihak itu membuat pengunduran diri Karen dicurigai karena adanya tekanan eksternal.

Selengkapnya: Berbagai Isu Pengunduran Diri Karen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini