Sukses

Dalang Cilik Pukau Penonton di Gelar Budaya Kokosan

Faraj memang sangat terampil dalam memainkan tokoh-tokoh dan karakter wayang.

Citizen6, Yogyakarta Penyelenggaraan Gelar Budaya di Desa Kokosan, Kecamatan Prambanan, Klaten pada Kamis (21/08/2014) terasa istimewa.  Selain Gelar budaya ini merupakan yang pertama kali setelah vakum selama 12 tahun terakhir, malam itu Gelar budaya dimeriahkan dengan pagelaran wayang kulit.

Pagelaran wayang kulit ini menjadi istimewa karena yang menjadi dalangnya adalah Faraj Wastu Pramudia, siswa kelas 6 SD Budi Mulia Yogyakarta.  Meski masih belia, Faraj mampu memesona para tamu dan penonton yang hadir. Malam itu, lakon yang dibawakan adalah  "Bima Bothok " dan sejak awal sampai akhir cerita,  semua penonton tak beranjak dari tempat duduknya. 

Faraj memang sangat terampil dalam memainkan tokoh-tokoh dan karakter wayang. Menurut Eka Sudarusman, orang tua Faraj hal itu karena Faraj selalu belajar pada para  seniman pedhalangan. "Dia sangat tertarik dengan wayang. Apalagi, disekolahnya ada pelajaran ekstra kurikuler tentang pedhalangan. Jadi dia semakin tertarik. " ujar Eka.

Selama ini, Faraj telah banyak tampil di berbagai pagelaran dan Festival Pakeliran. Namun, satu cita-cita yang belum terlaksana yaitu dapat tampil men-dhalang bersama " Ki Seno Nugroho " dhalang ternama dari Yogyakarta.

Sementara itu, Kepala Desa Kokosan Suparjo mengatakan bahwa Gelaran Budaya tersebut direncanakan akan  menjadi peristiwa budaya tahunan yang rutin diadakan di desa tersebut. Hal tersebut dimaksudkan sebagai upaya menjadikan Kokosan sebagai  salah satu ikon desa wisata budaya di wilayah kecamatan Prambanan. Karena itu segala upaya dan kerja keras terus dilakukan.  



Pengirim: Sulistyawan

twitter :@sulistjogja.

 

Disclaimer:
Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com

Mulai 14 -30 Agustus Citizen6 mengadakan program Menulis Bertopik ke-16: Merdeka ala Anak Gaul berhadiah. Info detail di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.