Sukses

Pasar Pagi Ini, Meski Tak Berpenghuni Telah Direnovasi 2 Kali

Anehnya walaupun pasar pagi itu tidak ditempati, tetapi pihak Pemkab Rokan Hilir sudah dua kali melakukan rehablitasi

Citizen6, Bagan Siapi Api Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Rokan Hilir Provinsi Riau membangun pasar pagi baru di jalan Bintang kota Bagan Siapi Api dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2009. Dana pembangunannya lebih kurang Rp 5 Miliyar.

Di bangunnya pasar pagi ini adalah dengan tujuan meningkatkan perkembangan perekonomian masyarakat kota, juga untuk pengembangan kota sesuai dengan masterplannya. Disamping untuk tempat penampungan para pedagang pakaian, sayur mayur dan ikan yang menggelar dagangannya di badan jalan Pahlawan Tangko

Lima tahun lamanya pembangunan pasar pagi itu selasai baru selesai. Namun tidak satupun para pedagang yang berjualan di badan jalan Pahlawan Tangko  mau pindah berjualan di pasar pagi ini. Sehingga sampai saat ini pasar pagi yang di bangun di jalan Bintang itu tidak berpenghuni.

Anehnya walaupun pasar pagi itu tidak ditempati, tetapi pihak Pemkab Rokan Hilir sudah dua tahun anggaran melakukan rehablitasi terhadap pasar pagi itu. Yakni pada tahun anggaran 2011 dan tahun anggaran 2014. Entah apa maksud pihak Pemkab Rokan Hilir merehablitasi pasar pagi yang tidak pernah di tempati oleh para pedagang itu.

Menurut para pedagang mereka enggan untuk menempati pasar pagi di jalan Bintang, karena lokasinya jauh dari inti kota Bagan Siapi Api dan juga jauh dari tempat pemukiman warga. “Kalau kita menggelar  dagangan di sana siapa yang akan membeli. Karena tempatnya jauh dari inti kota dan pemukiman warga “, kata para pedagang itu.

Sementara itu beberapa kalangan masyarakat kota Bagan Siapi Api  menilai pihak Pemkab Rokan Hilir kurang tegas terhadap para pedagang yang menggelar dagangannya di badan jalan Pahlawan Tangko. Akibatnya para pedagang itu menjadi membandel terhadap peraturan yang telah di buat oleh Pemkab Rokan Hilir yang melarang pedagang  menggelar dagangannya di badan jalan Pahlawan Tangko.

Aklibat dari masih berjualannya para pedagang di badan jalan Pahlawan Tangko, menjadikan jalan tersebut setiap paginya tidak dapat di lalui oleh kenderaan. Jalan Pahlawan Tangko itu baru bisa di lalui oleh kenderaan roda dua, tiga dan empat sore hari setelah para pedagang menutup dagangannya.

Untuk itu warga kota Bagan Siapi Api meminta kepada pihak Pemkab Rokan Hilir untuk bertindak tegas menggusur para pedagang yang menggelar dagangannya di jalan Pahlawan Tangko. Dan memindahkan mereka kepasar pagi baru di jalan Bintang yang telah dibangun oleh pihak Pemkab Rokan Hilir lima tahun yang lalu. Jangan sampai bangunan pasar pagi baru di jalan Bintang itu menjadi mubazir karena tidak ditempati. 
 
Pengirim:
 
Rustam


Disclaimer:
Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com

Mulai 14 -30 Agustus Citizen6 mengadakan program Menulis Bertopik ke-16: Merdeka ala Anak Gaul berhadiah. Info detail di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini