Sukses

Hamas Eksekusi Mati 18 Mata-mata Israel

Liputan6.com, Gaza - Kelompok Hamas dilaporkan telah mengeksekusi belasan warga Palestina yang dinyatakan telah berkhianat dengan menjadi mata-mata untuk memberikan informasi kepada Israel.

Seperti dilaporkan media Hamas, al-Majd, Sabtu (23/8/2014), sebanyak 18 orang itu dieksekusi di tengah keramaian warga. Wajah mereka ditutup, tangannya diikat dan ditembak.

Sementara situs berita lokal lainnya, al-Rai melaporkan bahwa ada 11 orang yang ditembak tim eksekusi. Warga lain yang diketahui ikut memberikan informasi kepada Israel juga akan dieksekusi.

"Langkah ini untuk memberikan efek jera," demikian pernyataan dari pihak Hamas.

Laporan lain menyebut 11 orang yang dieksekusi mati tersebut sebelumnya telah dinyatakan bersalah dalam sebuah persidangan di Gaza.

"Terpidana yang menjadi informan itu dihukum mati di Markas Kepolisian Gaza," demikian laporan yang dimuat Al-Arabiya.

Eksekusi ini dilakukan setelah tiga komandan Hamas tewas diserang Israel. Sementara, baru-baru ini, seorang bocah Israel meninggal terkena tembakan roket dari Hamas.

Israel yang menguasai perbatasan selama ini kerap memanfaatkan kekuasaannya untuk meminta informasi dari warga Palestina. Sebagai balasan, Israel bakal memberi akses warga Palestina untuk keluar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.