Sukses

Ahok Bakal Dilantik Jadi Gubernur DKI oleh Jokowi

Karena saat pelantikan Ahok, Jokowi diprediksi sudah menyandang status baru, sebagai Presiden ke-7 RI.

Liputan6.com, Jakarta - Kursi Gubernur DKI Jakarta sebentar lagi diduduki Wagub Basuki Tjahaja Purnama. Pria yang karib disapa Ahok itu mengisi kursi yang ditinggalkan Jokowi yang nantinya dilantik menjadi presiden.

Hal menarik diprediksi akan terjadi saat pelantikan Ahok menjadi gubernur nanti. Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi memprediksi, Jokowi yang bakal melantik Ahok. Benarkah?

"Iya," kata Gamawan di Gedung Kemenkopolhukam, Jakarta, Jumat (22/8/2014).

Karena saat pelantikan Ahok, Jokowi diprediksi sudah menyandang status baru, sebagai presiden ke-7.

"Kalau dari waktu, pengangkatan di timing presiden baru. Ahok jadi Plt Gubernur sampai SK diterbitkan. Ada usulan, DPRD dulu baru paripurna untuk Ahok jadi gubernur, lalu itu SK dari Pak Jokowi. Namun kemungkinan Mendagri bukan saya," jelas Gamawan.

Pelantikan oleh Jokowi bisa terjadi, menurut dia, karena pengusulan Ahok untuk jadi gubernur memerlukan waktu. Proses tersebut akan dikerjakan oleh DPRD DKI Jakarta.

"Setelah resmi mundur, kewenangannya (Ahok) sama saja seperti gubernur penuh. DPRD nantinya mengusulkan wagub jadi gubernur melalui Mendagri dan diserahkan pada presiden," papar Gamawan.

Kekosongan kursi wakil gubernur pun segera diatur proses pencarian penggantinya.

"Kalau dia lebih dari 18 bulan, sisa masa jabatan, boleh angkat wagub dari koalisi partai pengusungnya. Diajukan ke DPRD, lalu dipilih. Calon minimal 2 orang," tandas Gamawan. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini