Sukses

Andai Ahok Bisa Pilih Sendiri Wakilnya...

Setelah Gubernur Joko Widodo atau Jokowi dilantik menjadi presiden ke 7, maka posisi Wagub DKI yang ditinggalkan Basuki bakal kosong.

Liputan6.com, Jakarta - Hanya tinggal menunggu waktu hingga Basuki Tjahaja Purnama menduduki kursi Gubernur DKI Jakarta. Setelah Gubernur Joko Widodo atau Jokowi dilantik menjadi presiden ke 7, maka posisi Wagub DKI yang ditinggalkan Basuki bakal kosong.

Dan kini lagi-lagi, pria yang karib disapa Ahok itu membeberkan sosok Wagub idamannya. Mantan Bupati Belitung Timur itu berharap, wakilnya nanti merupakan seorang pekerja keras yang rela bekerja dari pagi hingga malam hari.

"Wakilnya juga kita nggak tahu siapa. Terserah kepada partai. Tapi saya syaratkan, mesti cari orang yang jujur yang mau kerja keras. Kalau dia nggak mau kerja keras, kita drive pagi sampai malam seperti itu, ya bisa ribut," ujar Ahok di Balaikota Jakarta, Jumat (20/8/2014).

Ahok mengatakan, yang terpenting adalah karakter calon Wagubnya nanti harus teruji. Dia meyakini, teori yang dikemukakan Presiden Amerika Serikat ke-16, Abraham Lincoln, bahwa karakter seseorang baru teruji kalau pernah diberi kekuasaan.

"Saya mana tahu karakter Anda jadi wagub, kalau Anda nggak pernah memegang jabatan eksekutif," ucap dia.

Karena yang terpenting, karakter si calon wagub itu teruji jujur dengan berani membuktikan harta kekayaannya dan mampu bekerja keras. Jika bisa memilih sendiri wakilnya, Ahok kemungkinan memilih orang non-kader partai politik. Melainkan, PNS DKI yang sudah berpengalaman dalam pemerintahan.

"Ya dong, jangan punya jam tangan Richard Miller berapa biji tapi bayar pajaknya nggak sesuai, misalnya. Kalau boleh pilih, aku mau pilih yang kayak Bu Yani (Deputi Gubernur DKI bidang Pembangunan Sarwo Handayani) jadi wakil gubernur," tutur dia.

"Kerja keras, jujur, dan dedikasi. Kalau boleh pilih aku pilih dia jadi wagub gua," pungkas Ahok. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini