Sukses

Melbourne Raih Gelar Kota Paling Layak Huni untuk Ke-4 Kalinya

Kuliner yang tersedia sangat beragam dan selalu ada berbagai tempat hiburan baru yang bermunculan.

Citizen6, Jakarta Saat ini makin banyak yang menjadikan traveling sebagai gaya hidup. Bagi yang berencana melakukan perjalanan, mungkin kota Melbourne patut menjadi salah satu agenda tujuan Anda. Karena kota dengan pertumbuhan tercepat di Australia ini kembali meraih gelar kota paling layak huni di dunia berdasarkan Global Liveability Index yang diterbitkan oleh The Economist Intelligence Unit’s (EIU). Gelar ini diraih selama empat tahun berturut-turut.

Premier Negara Bagian Victoria Dr. Denis Napthine menyatakan bahwa Melbourne sebagai Ibukota Negara Bagian Victoria menawarkan gaya hidup modern, didukung dengan perekonomian yang resilien, infrastruktur berstandar dunia, sistem pendidikan dan kesehatan yang unggul, serta kebijakan yang progresif dalam mendukung pertumbuhan bisnis.

Liveability Ranking (Pemeringkatan Kelayakan Huni) EIU dilakukan terhadap kondisi hidup di 140 kota di seluruh dunia dengan memperhatikan 5 kriteria, yakni: Stabilitas, Kesehatan, Budaya dan Lingkungan, Pendidikan, dan Infrastruktur.

Melbourne mendapat nilai sangat baik di seluruh kriteria yang ada dan mendapatkan nilai sempurna pada kriteria Kesehatan, Pendidikan dan Infrastruktur. Investasi berkelanjutan Melbourne di sektor infrastruktur menjadi kunci sukses Melbourne dalam meraih peringkat pertama.



Melbourne berhasil bertahan di peringkat pertama sebagai kota paling layak huni selama tiga tahun terakhir setelah berhasil merebut gelar dari Vancouver, Canada yang sempat mempertahankan gelar selama hampir satu dasa warsa.

Brett Stevens, Komisaris Negara Bagian Victoria untuk Indonesia mengungkapkan bahwa gelar ini diraih Melbourne karena komitmen untuk terus konsisten dalam melakukan investasi di sektor infrastruktur.

Dave Scheine, Asia Pacific Director di Yelp, yang baru didirikan di Melbourne pada Januari lalu untuk mendukung operasional perusahan di Australia dan Asia, mengatakan bahwa Melbourne sangat layak menempasti posisi kota paling layak huni di dunia.

“Kuliner yang tersedia sangat beragam dan selalu ada berbagai tempat hiburan baru yang bermunculan. Kondisi ini mengingatkan pada UK dan California, dimana anda bisa merasakan suasana dan gaya hidup layaknya kota-kota besar di Eropa dengan kesegaran dan cuaca seperti di San Francisco Bay Area,” kata Scheine.

Disclaimer:
Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com

Mulai 14 -30 Agustus Citizen6 mengadakan program Menulis Bertopik ke-16: Merdeka ala Anak Gaul berhadiah. Info detail di sini.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.