Sukses

Jet Tempur Sukhoi Ukraina Ditembak Separatis, Pilot Menghilang

Hingga kini jasad atau keberadaan si pilot belum ditemukan.

Liputan6.com, Luhansk - Separatis Pro-Rusia menembak jatuh sebuah jet tempur Sukhoi SU-25 Ukraina. Pesawat dengan satu kursi penumpang itu tumbang di wilayah Luhansk Ukraina timur pada Rabu 20 Agustus 2014.

Dalam informasi yang dikemukakan juru bicara militer Andriy Lysenko di saluran 112.ua dan dimuat Reuters, Kamis (21/8/2014), belum diketahui apakah si pilot sudah keluar dari pesawat atau tewas dalam kecelakaan itu.

Sebab hingga kini jasad atau keberadaan si pilot belum ditemukan.

Sebelumnya pada 23 Juli, 2 jet tempur ditembak jatuh di Saur-Mogila, Shakhtarsk, kawasan Donetsk Oblast. Beruntung para pilot berhasil keluar dari pesawat mereka.

Sementara, lokasi jatuhnya 2 jet tempur tersebut berjarak sekitar 35 kilometer dari lokasi jatuhnya Malaysia Airlines MH17 yang menelan korban jiwa 298 orang pada Kamis 17 Juli lalu.

Pejabat Ukraina sebelumnya telah menuding pemberontak pro-Rusia menembak jatuh sejumlah pesawat militer. Beberapa hari menjelang insiden penembakan pesawat komersil Malaysia Airlines MH17, tepatnya 17 Juli, pejabat Ukraina mengatakan pesawat angkut Antonov An-26 dan jet tempur Sukhoi Su-25 telah ditembak jatuh.

Seorang jenderal Ukraina dan 14 prajurit juga tewas ketika pemberontak pro-Rusia menembak jatuh sebuah helikopter militer di dekat Slovyansk, wilayah timur yang bergolak Ukraina pada 29 Mei. Helikopter yang membawa Jenderal Volodymyr Kultchitsky dijatuhkan oleh rudal darat ke udara yang dioperasikan oleh gerilyawan. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini