Sukses

Ada Gatot Kaca Penolak ISIS di Pawai Seni Yogyakarta

Menurut dia, ISIS sangat bertentangan dengan prinsip negara Indonesia yang berpegangan pada Bhineka Tunggal Ika.

Liputan6.com, Yogyakarta - Ribuan peserta pawai seni Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-26 menghibur warga Yogyakarta. Mereka berjalan mulai dari Jalan Prau hingga Jalan Margo Utomo. Setiap peserta menampilkan keunikanya.

Salah satu keunikan terlihat pada seorang peserta pawai berkostum tokoh pewayangan Gatot Kaca. Bak Gatot Kaca, peserta itu melintas santai di depan penonton dengan mengendarai sepeda. Di bagian depan sepeda terpasang tulisan "FKY 2014 tolak ISIS, Gatot Kaca yes."

"ISIS (Negara Islam Irak-Suriah) harus ditolak," kata Anto, si Gatot Kaca pengendara sepeda saat di temui di Jalan Jenderal Sudirman, Rabu (20/08/2014).

Anto sengaja menulis penolakan ISIS karena organisasi itu menurut dia, sangat bertentangan dengan prinsip negara Indonesia yang berpegangan pada Bhineka Tunggal Ika. Ia meminta agar ISIS tidak ada di Indonesia apalagi di Yogya. Melalui kegiatan seni ini ia berharap ISIS tidak berkembang di Yogja.

"Kan memang sangat bertentangan dengan Pancasila," ujar Anton.

Anto sendiri mengikuti pawai seni FKY mulai dari Jalan Prahu hingga di Teteg Stasiun Tugu. Pawai seni ini bagian dari pembukaan FKY ke-26 yang dilaksanakan mulai 20 Agustus hingga 9 September 2014. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini