Sukses

2 Jet Tempur Tornado Adu Kepala, Ciptakan Bola Api Besar

Pemadam kebakaran pun dikerahkan untuk memadamkan kebakaran hutan yang disebabkan oleh insiden tersebut.

Liputan6.com, Roma - Dua jet tempur Tornado adu kepala bertabrakan di udara dan jatuh ke sebuah bukit di Italia tengah. Beruntung kedua pilot dalam pesawat tersebut selamat.

"Dua jet Tornado Italia itu bertabrakan selama latihan pada hari Selasa 19 Agustus 2014," kata angkatan udara Italia seperti dimuat Reuters, Rabu (20/9/2014).

Media setempat memberitakan, pilot telah keluar dari pesawat sebelum terjadi ledakan. Pemadam kebakaran pun dikerahkan untuk memadamkan kebakaran hutan yang disebabkan oleh insiden tersebut.

Sejauh ini dilaporkan tidak ada korban.

"Aku melihat bola api besar di langit, yang berlangsung sekitar lima detik, dan kemudian (pesawat) jatuh ke lereng bukit," ungkap seorang saksi kepada televisi Sky Italia.

Sebelumnya, kecelakaan yang dialami jet pernah terjadi di Jerman. Ketika itu pesawat berpenumpang Learjet bertabrakan dengan jet tempur Eurofighter di Jerman Tengah. Dua orang yang berada di Learjet diduga tewas.

Insiden itu terjadi di perbukitan Distrik Olsberg-Elpe, Negara Bagian North Rhine-Westphalia pada Senin 23 Juni 2014 sore.

Kapal berawak itu pun terbakar dan jatuh di kawasan 420 km barat daya Berlin itu. Sementara, jet tempur militer Eurofighter selamat dan berhasil kembali ke pangkalan udara di Cologne, diikuti Eurofighter lain yang tak terlibat kecelakaan. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.