Sukses

Modus Perampokan di Ciracas: Sengaja Tak Lepas Tembakan

Kelima perampok sama sekali tidak meletuskan tembakan meski mendapat perlawanan dari satpam dan pegawai kantor.

Liputan6.com, Jakarta - Kawanan perampok sudah tak peduli lagi siang atau malam dalam melancarkan aksinya. Mereka dengan santai beraksi di siang hari dengan bermodal pistol.

Hal itu juga terjadi di Kantor Layanan Simpan Pinjam Usaha Mikro Laju CIMB Niaga, di Jalan Raya Ciracas RT 04/RW 02 No 10, Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (19/8/2014) siang tadi. Tapi, aksi kali ini berbeda.

Kelima perampok sama sekali tidak meletuskan tembakan meski mendapat perlawanan dari satpam dan pegawai kantor. Polisi menduga para pelaku sengaja tidak meletuskan senjata agar tidak menarik perhatian warga sekitar.

"Mereka sengaja tidak menembak agar tidak memancing perhatian warga," kata Kapolsek Ciracas, Kompol Suwanda di lokasi, Selasa (19/8/2014).

Selain tidak meletuskan tembakan, ada hal lain yang menunjukan begitu tenang mereka beraksi. Suwanda menjelaskan, berdasarkan keterangan saksi, mereka tidak menggunakan penutup kepala. Mereka hanya masuk dengan menggunakan helm half face.

"Di sini kan sebenarnya banyak orang berlalu lalang. Kalau dia menembak semua mendengar," jelas Suwanda.

Hal serupa juga dirasakan warga sekitar. Warga mengaku tidak mendegar suara letusan atau kegaduhan layaknya terjadi sebuah perampokan. Warga baru mengetahui saat para karyawan berhasil melepaskan diri dan minta tolong kepada warga.

"Saya tidak dengar apa-apa. Tahunya pas orang sudah minta tolong," ujar Hartati (57) warga sekitar lokasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.