Sukses

PDIP Usung Puan Pimpin Parlemen, Tjahjo: Tergantung Ibu Ketum

4 Orang anggota DPR terpilih disiapkan Megawati menduduki kursi pimpinan di DPR dan MPR. Salah satunya Puan Maharani.

Liputan6.com, Jakarta - PDIP telah menyiapkan 4 nama untuk menjadi calon pimpinan DPR. Nama itu terus digodok langsung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan baru akan diungkap sebulan sebelum pelantikan anggota DPR baru.

"Sampai hari ini, partai melalui Ibu Ketua Umum sedang mempersiapkan 4 orang dari seluruh anggota DPR terpilih untuk menduduki pimpinan DPR, pimpinan MPR, Ketua Fraksi DPR dan Ketua Fraksi MPR. Mudah-mudahan sebelum tanggal 1 Oktober sudah ada putusan dari Ibu Ketua Umum," ungkap Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (19/8/2014).

Tjahjo menuturkan, ada banyak pertimbangan untuk jadi kandidat pimpinan parlemen. Tidak hanya meraih suara banyak saat pileg lalu, tapi punya pengalaman berpolitik yang mumpuni. Salah satu yang memenuhi kriteria itu adalah putri dari Megawati, Puan Maharani

"Ukurannya bukan ukuran suara terbanyak. Memang dari yang muncul di media, memang ada Mba Puan. Kalau ada Mba Puan memang wajar karena dia adalah Ketua DPP bidang politik, Ketua Fraksi PDIP DPR, tapi itu belum diputuskan sekarang karena kami masih menunggu proses gugatan di MK," terangnya.

PDIP, lanjut Tjahjo, paham ada perubahan dalam pemilihan pimpinan parlemen seiring dengan perubahan Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3). Oleh karena itu, pihaknya bersama elemen masyarakat tengah melakukan uji materil di Mahkamah Konstitusi.

"Kita resmi bersama-sama dengan elemen masyarakat mengajukan ke MK. Kenapa, karena menyangkut etika politik kedaulatan ada di tangan rakyat. Jadi, kami tidak merespons apa yang terkait dengan MD3," tandas Tjahjo. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.