Sukses

34 Provinsi Semarakkan Pawai Karnaval Budaya di Ibukota

Masyarakat yang ingin melihat atraksi budaya tersebut tumpah ruah di jalanan.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam budaya daerah dari 34 provinsi yang ditampilkan dalam Pawai Karnaval Budaya menghibur masyarakat yang memadati Jalan Medan Merdeka Utara sampai Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, hari ini. Mulai dari berbagai jenis pakaian hingga tarian adat.

Arak-arakan pawai yang dijaga ratusan personel keamanan itu dimulai dari Istana Negara menuju Jalan Medan Merdeka Barat, kemudian Jalan Medan Merdeka Selatan. Masyarakat yang ingin melihat atraksi budaya tersebut tumpah ruah di jalanan.

Ratusan penari yang menggunakan topeng dan ondel-ondel ciri khas Jakarta juga ditampilkan di pawai budaya itu. Tak hanya Jakarta, kebudayaan dari Sabang sampai Merauke juga memeriahkan pawai dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia itu.

"Dengan ini artinya menyatukan budaya Nusantara karena bertepatan dengan hari 17 Agustus. Ini momentum yang bagus," ucap Ketut Atyana Bima (52), peserta asal Bali, saat ditemui di lokasi, Senin (18/8/2014).

Lantaran itulah ia mengaku sangat mendukung kegiatan Pawai Karnaval Budaya yang dilakukan setiap tahun. Hal ini agar persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga. Sebab, sebagai pemimpin adat ia menilai pawai budaya ini dapat menjadi momentum kebangkitan bangsa Indonesia dari keterpurukan.

"Pawai budaya ini merupakan strategi yang positif dalam mempertahankan budaya dari nenek moyang kita," ucap Ketut Atyana.

Karnaval Budaya ini dibuka langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kegiatan ini digelar untuk memperingati HUT ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) adalah penyelenggara kegiatan tahunan ini.

Pawai budaya yang mengelilingi Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, untuk menghormati jasa para pejuang dari berbagai wilayah Tanah Air yang telah berkorban memperjuangkan Indonesia dari penjajah pada 1945.

Baca juga:

Sambut HUT RI Turis Asing Antusias Jadi Peserta Panjat Pinang
Ada Karnaval Budaya, Cek Penutupan Jalan dan Pengalihan Arusnya
3 Topeng Raksasa Khas Betawi Bakal Semarakkan Karnaval Budaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini