Sukses

13 Korban Kapal Turis yang Kandas di Perairan Bima Ditemukan

Korban ditemukan nelayan dalam kondisi terapung di perairan dengan menggunakan pelampung.

Liputan6.com, Lombok - Pencarian korban kapal pesiar yang mengangkut 25 orang turis asing dan ABK terus dilakukan oleh tim SAR gabungan. Pada Minggu 17 Agustus 2014 sekitar pukul 23.00 Wita, 13 orang ditemukan selamat oleh nelayan di perairan Sape, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, NTB.

Informasi yang diperoleh Liputan6.com, Senin (18/8/2014), 13 orang itu terdiri dari 8 orang turis asing dan 5 orang ABK serta guide. Korban ditemukan nelayan dalam kondisi terapung di perairan dengan menggunakan pelampung.

Berikut daftar indentitas 13 orang yang ditemukan tersebut:

1. Yatman Ammen asal Belanda
2. A. Princes asal Italia
3. Fabio asal Italia
4. Oriona asal Italia
5. Lisa asal Jerman
6. Trobert asal Belanda
7. Maria Fiona asal Belanda
8. Dio Carolina asal Jerman
9. M. Nujun asal Lombok (nahkoda kapal)
10. Sali asal Lombok (ABK)
11. Roni asal Lombok (ABK)
12. Wahyu asal Lombok (guide)
13. Yan asal Lombok (guide)

"Identitas detil korban akan disampaikan kemudian. Semua dirawat di Puskesmas Sape," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Sejauh ini 2 turis asing masih dalam pencarian. Dengan demikian, dari 25 penumpang kapal yang tenggelam, 23 telah ditemukan selamat dan 2 orang masih dalam pencarian.

"Tim SAR gabungan dari Basarnas, Kantor SAR Mataram, SAR Bima, BPBD Kabupaten Bima, TNI, Polri, BPBD NTB, relawan dan nelayan masih melakukan pencarian," jelas Sutopo dalam pernyataannya.

Dalam pencarian sebelumnya, pihak berwenang menemukan 10 orang dalam kondisi selamat. Berikut identitasnya:

1. Gaylene asal Selandia Baru.
2. Rafael Matienes (31) asal Spanyol.
3. Hommasel Betran (33) asal Prancis.
4. Cantrine Ane (21) asal Selandia Baru.
5. Alice Elisabeth (19) asal Inggris.
6. Maria Palonfont (33) asal Spanyol.
7. Eli Visser (29) asal Belanda.
8. Cayleng Cheryl (53) asal Belanda.
9. Hannah S (21) asal Jerman.
10. Nonen Sokhon (21) asal Jerman.

Kapal wisata Forcase Ikan Biru Star yang mengangkut turis tenggelam di perairan Sangeang Pulo, sebelah timur Gunung Sangengapi, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat pada Sabtu 16 Agustus pukul 20.00 Wita. Diperkirakan kapal bocor akibat menabrak karang kemudian tenggelam. Kapal bertolak dari Lombok menuju Pulau Komodo. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.