Sukses

Saat Karyawan Freeport Gelar Upacara HUT RI di Perut Bumi

Upacara bendera yang dilakukan di kedalaman 1.400 meter di bawah permukaan tanah ini tercatat dalam rekor MURI.

Liputan6.com, Mimika - Sejak pagi buta, para karyawan PT Freeport Indonesia harus memulai perjalanan panjang yang cukup terjal menuju Terowongan Ali Budiardjo, Minggu 17 Agustus. Mereka akan menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-69 Republik Indonesia (HUT RI) di area tambang bawah tanah Deep MLZ, Tembagapura, Mimika, Papua.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (18/8/2014), upacara bendera ini dilakukan di area tambang dengan kedalaman mencapai 1.400 meter di bawah permukaan tanah. Untuk mencapai lokasi, para peserta upacara harus melewati terowongan sepanjang 5 kilometer.

Selain unik, peringatan HUT RI ini juga tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai upacara bendera yang pertama kali dilakukan di dalam perut bumi.

Karena pertimbangan keamanan dan keselamatan, upacara hanya diikuti oleh seratusan karyawan dan pimpinan PT Freeport Indonesia, termasuk pekerja asing.

Setiap peserta upacara dilengkapi alat pelindung keselamatan diri. Di antaranya helm, kacamata, lampu senter, serta kantung udara untuk mengantisipasi keadaan darurat.

Freeport merupakan tambang terbuka terbesar di dunia yang ada di pulau paling timur Indonesia. Freeport juga menjadi tambang bawah tanah terbesar di dunia dengan rata rata produksi mencapai 247 ribu ton perhari. (Ali)

Baca juga:

Suka Duka Paskibraka, Cerita Horor Sampai Bonus Presiden

Merah Putih Raksasa Berkibar di Puncak Gunung Papua

Peringatan HUT RI, Kaum Bapak Bermain Bola Kenakan Daster

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini