Sukses

Harapan Ahok di Hari Kemerdekaan: Tak Ada Lagi Korupsi

Saat ini seharusnya mulai gencar dilakukan pembuktian harta terbalik.

Liputan6.com, Jakarta - Di hari Kemerdekaan ke-69 RI, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, berhadap korupsi yang selama ini menggerogoti Indonesia dapat diberantas.

Hal itu disampaikan Ahok usai menghadiri upacara pengibaran bendera merah putih di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat.

"Supaya tidak ada lagi korupsi. Akar masalah Indonesia semuanya itu adalah korupsi sebetulnya," ucap Ahok, Minggu (17/8/2014).

Karena itu, ujar mantan bupati Belitung Timur itu, saat ini seharusnya mulai gencar dilakukan pembuktian harta terbalik. Terutama ini dapat digunakan sebagai salah satu persyaratan seseorang dapat menjadi pejabat negara atau pemerintahan.

Ia juga menambahkan, Undang-undang yang mengatur itu harus betul-betul diterapkan dan berlaku di Indonesia. Karena, Ahok menilai, pembuktian kekayaan itu dapat menjadi dasar atau langkah awal untuk mengantisipasi potensi tindakan korupsi. Khususnya untuk pejabat negara.

"Jadi siapapun yang menjadi pejabat, harus ditelusuri dulu harta-harta yang mereka dapatkan," jelas Ahok. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini