Sukses

Pidato Kemerdekaan RI, Jokowi Ajak Warga Pantang Menyerah

Tema pidato peringatan hari kemerdekaan berkaitan dengan pesta demokrasi, yaitu pemilu legislatif dan pemilu presiden 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjadi inspektur upacara memperingati Hari Kemerdekaan yang ke-69 Republik Indonesia di lapangan Silang Monumen Nasional (Monas). Dalam amanatnya, Jokowi menyampaikan bahwa tema peringatan hari kemerdekaan kali ini berkaitan dengan pesta Demokrasi, yaitu pemilu legislatif dan pemilu presiden 2014.

"‎Tema peringatan ulang tahun kemerdekaan ini adalah dengan semangat proklamasi kita dukung suksesi pemilu demi kelanjutan Indonesia yang maju dan sejahtera," ujar Jokowi dalam pidatonya selaku inspektur upacara, Minggu (17/8/2014).

Menurut Jokowi, pelaksanaan pemilu yang akan menghasilkan suksesi kepemimpinan tersebut akan berdampak pada pembangunan ekonomi, sosial dan bidang-bidang lainnya. Karena itu, ia meminta agar seluruh warga Jakarta turut menyukseskan prosesi pilpres 2014 sebagai bagian dari proses transisi demokrasi di Indonesia.

"15 tahun memasuki era reformasi, kita kini memantapkan transisi demokrasi, telah banyak kemajuan, tapi proses ini belum selesai, sehingga kita harus terus memantapkan transisi demokrasi dan ini harus terus kita sempurnakan," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mengucapkan terimakasih kepada warga Jakarta yang telah turut mensukseskan prosesi pilpres yang ditunjukkan dengan tingginya tingkat partisipasi warga Jakarta yang hadir di tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak pilihnya.

"Hak pilih warga DKI Jakarta dalam pemilu tahun ini mencapai 72 persen. Atas pencapaian itu pemerintah DKI Jakarta mengucapkan terima kasih kepada warga Jakarta yang memberikan kontribusi dalam pemilu, sehingga pemilu kita tahun ini diselenggarakan dalam keadaan aman," ucap Jokowi.

"Saya ucapkan selamat merayakan ulang tahun kemerdekaan RI. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan kekuatan lahir batin untuk membangun RI dan membangun Jakarta yang kita cintai bersama," lanjutnya.

Jokowi pun tak lupa berpesan, di hari ulang tahun kemerdekaan RI yang ke 69 ini, agar warga Jakarta terus mengenang jasa pahlawan dan melanjutkan perjuangan dengan menanamkan jiwa patriot para pejuang dalam diri masing-masing untuk selalu pantang menyerah dalam membangun bangsa.

"Merdeka! Hikmah terbesar adalah melestarikan nilai perjuangan untuk membangun bangsa yang sejahtera. Dengan semangat partiotisme kita akan maju pantang menyerah," tutup Jokowi. (Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.