Sukses

Nikmatnya Peringati HUT RI dengan Jelajah Kuliner Nusantara

Peringati HUT ke-69 RI dengan menjelajahi kuliner khas Indonesia, salah satunya kuliner ayam tangkap khas Provinsi Aceh.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang memikat. Jelang Hari Ulang Tahun ke-69 kemerdekaan Republik Indonesia bisa diperingati dengan cara lain selain perlombaan. Anda bisa mencicipi kuliner khas dari Indonesia bagian barat, tengah dan timur yang dijamin menggoyang lidah Anda.

Dalam Jelajah Kuliner yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (16/8/2014), lokasi pertama untuk mewakili wilayah Indonesia bagian barat di Jalan Ciranjang No. 38, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, di sana ada kuliner khas dari Provinsi Aceh namanya ayam tangkap.

Kenapa kuliner yang satu ini dinamai demikian? Sebab di atas ayam yang sudah masak ditaburi berbagai macam bumbu dan daun, seperti daun kari, daun pandan, sereh, bawang merah, sehingga ayamnya tidak terlihat. Nah, maka dari itu harus dicari-cari dan ditangkap ayamnya di balik taburan bumbu dan daun tadi. Namun nama sebenarnya di Aceh adalah ayam sampah karena di atas ayamnya ada berbagai dedaunan.

Makan ayam tangkap tak lengkap rasanya kalau tidak ditemani sambal, uniknya ditemani dengan sambal ganja. Jangan khawatir, ini hanya namanya dan bahannya pun terbuat dari udang yang dicampur dengan belimbing wuluh, cabai rawit hijau dan bawang.  

Ayam tangkap ini teksturnya kering dan daun ubi tumbuk melengkapi cita rasa. 1 porsinya ayam tangkap dihargai Rp 35.000. Untuk meredam pedasnya ayam tangkap, ada  es sirup cincau yang langsung didatangkan dari Aceh, 1 gelasnya seharga Rp 12.000.

Selanjutnya wisata kuliner beralih sajian khas Pulau 1.000 Pura, yakni Provinsi Bali yang terkenal dengan hidangan ayam betutu. Kuliner tersebut terdapat di Sunter, Jakarta Utara. Ayam betutu ini rasanya pedas, namun yang lebih pedas adalah sambal plecing. 1 porsi ayam betutu orisinal dengan nasi Rp 25.000 dan Es daluman Rp 13.000.

Lanjut ke Manado yang merupakan Ibukota Provinsi Sulawesi Utara, kota ini punya kuliner khas yakni bakwan jagung yang gurih, lezat dan bumbunya sangat terasa. Bakwan jagung ini dihargai Rp 18.000.

Kuliner khas lainnya ada panada, makanan ini sejenis roti yang diisi potongan ikan cakalang dengan ditemani sambal dabu-dabu, hanya Rp 5.000. Kuliner ini bisa Anda temui di Bulungan 24, Jakarta Selatan.

Masih dari Manado, tak kalah enaknya dengan sup brenebon alias sup kacang merah yang tentu saja isinya kacang merah dan potongan iga sapi yang dilengkapi dengan bumbu khas Manado, seperti aroma cengkih dan pala. 1 porsi sup brenebon ini Rp 42.000.

Untuk minuman khasnya ada es lemon cui yang terbuat dari jeruk cui, buah jeruknya pun sudah sulit ditemui di Manado. Segelas es yang rasanya kecut ini Rp 11.000.

Anda tertarik untuk menjelajah kuliner khas Indonesia? Datang saja langsung sembari memperingati HUT ke-69 RI dengan menikmati berbagai kuliner khas Nusantara. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini