Sukses

BNN: Ibu, Kenali Perubahan Sikap Anak...

Hal ini sebagai upaya penanggulangan penyalahgunaan narkoba.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Narkotika (BNN) mengimbau keluarga untuk mengenali perubahan sikap terhadap anak yang drastis. Hal ini sebagai upaya penanggulangan penyalahgunaan narkoba.

Kepala seksi Media Tradisional Diseminfo BNN Ahmad Soleh mengatakan, pola asuh anak dalam lingkungan rumah pribadi mempunyai dampak atau pengaruh yang sangat besar terhadap tumbuh kembang anak di masa yang akan datang.

"Khusus ibu, kenali perubahan sikap anak yang drastis sebagai upaya pencegahan terjadinya penyalahgunaan narkoba. Orang tua harus jadi teladan yang baik bagi anak," kata Soleh di Jakarta, Jumat (15/8/2014).

Soleh menjelaskan dengan melalui keluarga, pemahaman bahaya narkoba bisa ditanam sejak dini. Kaum ibu memiliki peranan strategis agar selalu menjaga anak cucunya, jangan sampai terjebak penyalahgunaan narkoba. Karena itu perlunya penerapan pola hidup yang sehat.

"Orang tua, haruslah mengajarkan kepada anak-anak itu agar tidak bersahabat dengan rokok, karena mengandung zat kimia berbahaya," ujar dia.

Selain mengandung zat-zat kimia yang berbahaya, rokok juga sebagai jembatan menuju narkoba. "Karena semua ini berawal dari kebiasaan merokok, yang kemudian dapat beralih kepada penyalahgunaan narkoba," ungkap Soleh.

Ia juga mengimbau mahasiswa agar menasehati teman yang terlanjur terjebak dalam penyalahgunaan narkoba dengan pendekatan yang baik. Misalnya melalui teman dekat atau orang yang ditakuti. Atau orang yang dikaguminya.

"Ancaman (narkoba) bukanlah jalan yang tepat, karena tanpa adanya kesadaran dari diri sendiri, tidak mungkin menimbulkan perubahan sikap dan perilaku. Bagaimanapun, pengguna narkoba adalah orang sakit yang harus dibantu dan direhabilitasi," tandas Soleh.

Baca juga:

Polisi: Transaksi Narkoba di Unas, Pembeli Dijemput ke Kampus

Bawa Sabu 4 Kilogram, WNA Ditangkap Petugas Bea Cukai Ngurah Rai

BNN : Sejajarkan Narkoba dengan Korupsi dan Teroris, Tapi...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.