Sukses

Ahok: Belajar Pajak Lewat ADB, Tak Perlu Studi Banding

Pemprov DKI dan Asian Development Bank (ADB) melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU).

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI dan Asian Development Bank (ADB) melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dalam bidang transformasi tata kelola Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk lebih modern, efisien, dan efektif.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, fokus kerja sama tersebut adalah terkait sharing Sumber Daya Manusia (SDM), sistem, dan teknologi untuk meningkatkan kapabilitas dan kredibilitas Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta.

"Termasuk membandingkan sistem pajak dengan negara lain. Jadi dia mesti sharing. Kami ini untung mereka (ADB) akan bantu dengan pengalaman mereka. Nggak perlu studi banding kok. Suruh mereka saja ke sini," jelas Ahok di Balaikota Jakarta, Jumat (15/8/2014).

Mantan Bupati Belitung Timur itu juga mengapresiasi langkah kerja sama tersebut. Karena ADB merupakan salah satu mitra kerja untuk mengembangkan pembangunan di Jakarta. Terlebih mereka memiliki pengalaman yang cukup baik dalam hal pelayanan keuangan.

"Kami menyambut baik masukan dari para ahli yang memiliki skill dan pengalaman internasional khususnya bagi DKI Jakarta yang terus mengembangkan pembangunan untuk meningkatkan pelayanan publik yang berkualitas," kata Ahok.

Sementara itu, Kepala Dinas Pelayanan Pajak DKI Iwan Setiawandi mengatakan kerja sama tersebut dilakukan selama 3 tahun. Menurutnya, pihak ADB akan melakukan pendampingan terhadap pelayanan publik DKI, khususnya Pajak terkait budaya kerja dan pelayanan.

"Ada 9 aspek yang akan dilakukan pendampingan dalam perubahan ini. Kerja sama selama tiga tahun. Sangat bermanfaat, hasilnya saran-saran dalam rangka memperbaiki kinerja pajak," jelas Iwan. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pajak adalah pungutan yang diwajib dibayarkan oleh penduduk sebagai sumbangan wajib kepada negara atau pemerintah.

    Pajak

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • DKI Jakarta

Video Terkini