Sukses

SBY Tekankan Pemilu Bukan Semata Pertarungan Elit Politik

"Marilah kita semua bekerja sama untuk terus mengawal proses ini agar berlangsung secara konstitusional dan damai" kata SBY.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden SBY menekankan keperluan untuk menjaga agar proses pemilihan umum 2014 benar-benar menyuarakan nurani rakyat dan bukan semata pertarungah elit politik.

"Marilah kita semua bekerja sama untuk terus mengawal proses ini agar berlangsung secara konstitusional dan damai, serta selalu mengedepankan kepentingan dan masa depan rakyat Indonesia... Saya yakin inilah yang paling diharapkan oleh rakyat kita pada saat ini," kata SBY dalam Pidato Kenegaraan di Gedung MPR/DPR, Jumat (15/8/2014).

SBY kemudian menegaskan keperluan untuk terus memelihara kualitas demokrasi, mengingat dalam konteks realitas dunia sekarang demokrasi yang terus tumbuh semakin kuat adalah hal yang langka terjadi.

Dunia, kata SBY, mencatat berbagai contoh transisi demokrasi yang mengalami stagnasi, menjadi layu dan bahkan akhirnya runtuh atau contoh transisi demokrasi yang kerap dirundung konflik, instabilitas dan kemunduran ekonomi.

"Jelas, transisi demokrasi adalah suatu proses yang penuh risiko dan tantangan. Kita patut bersyukur bahwa, sejak bergulirnya reformasi, demokrasi kita terus tumbuh semakin kuat... Alhamdulillah, dengan ridho Allah SWT, dan dengan kerja keras kita semua, pembangunan demokrasi kita berjalan relatif baik," urai dia.

Indikasi terkuat dari demokrasi yang berkualitas, jelas Presiden, adalah semakin tumbuhnya kepercayaan dan optimisme masyarakat terhadap sistem demokrasi dan terhadap para pemimpinnya.

"Semua ini, jika bisa kita capai, akan menjadikan demokrasi Indonesia lebih dari sekedar proses penghitungan suara atau transaksi politik. Melainkan suatu kekuatan sejarah riil yang akan membuat bangsa Indonesia menjadi kuat, jaya dan makmur," urai SBY seraya mengapresiasi partisipasi lebih dari 139 juta rakyat Indonesia dalam pemilihan umum 2014.
    
Menurut Presiden, dalam 15 tahun terakhir, Indonesia  telah empat kali melakukan pemilu secara teratur dan damai serta mengalami pergantian pemerintah secara konstitusional dan damai.
    
Indonesia, tambah dia, juga telah mengukir sejarah dengan untuk pertama kalinya, seluruh pemimpin daerah dari gubernur, bupati, walikota dan anggota DPRD telah dipilih langsung oleh rakyat.

"Ini telah mengubah total budaya dan dinamika politik Indonesia. Kita bersyukur, transformasi besar ini dapat kita capai secara damai tanpa gejolak politik yang sangat mengganggu," ujar SBY.
     
Sidang bersama yang dipimpin oleh Ketua DPR Marzuki Alie bersama Ketua DPD Irman Gusman tersebut dimulai pukul 09.00 WIB.

Pada kesempata tersebut, turut mendampingi SBY antara lain Wakil Presiden Boediono, Ibu Negara Ani Yudhoyono, dan Ibu Herawati Boediono. Hadir juga dalam sidang itu Presiden ketiga BJ Habibie, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, mantan Ketua DPR Akbar Tanjung, para pimpinan lembaga negara, para menteri anggota Kabinet Indonesia Bersatu II dan sejumlah pejabat lainnya.  (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini