Sukses

Status Katulampa Naik Siaga IV, Warga Diimbau Waspada

Peningkatan tinggi muka air di bendungan yang terletak di Kecamatan Bogor Timur itu, disebabkan turunya hujan lebat di wilayah puncak.

Liputan6.com, Bogor - Hujan yang terus mengguyur wilayah Bogor hari ini membuat ketinggian air di Bendungan Katulampa Bogor, Jawa Barat naik. Pantauan terakhir pada pukul 21.00 WIB, volume air menyentuh angka 70 cm atau Siaga IV.

Informasi yang dihimpun Liputan6.com, volume air di Sungai Ciliwung sudah mengalami peningkatan dari 30 cm menjadi 50 cm pada pukul 18.00 WIB. Kemudian naik lagi ke angka 60 cm pada pukul 20.00 WIB.

"Dan jam 9 malam tadi naik kembali menjadi 70 centimeter atau dalam status Siaga IV," ungkap kepala Bendung Katulampa Andi Sudirman kepada Liputan6.com, Bogor, Jawa Barat, Selasa (12/8/2014).

Peningkatan tinggi muka air di bendungan yang terletak di Kecamatan Bogor Timur itu, disebabkan turunya hujan lebat di wilayah puncak. Terpantau hujan terus mengguyur di wilayah Rindu Alam, Pasar Cisarua, Megamendung hingga Gadog.

"Jika di level 70 cm tersebut, diperkirakan volume air yang melewati bendungan tersebut sebanyak 68 ribu liter per detik," jelas Andi.

Menurut Andi, pihaknya terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan Depok untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung. "Untuk itu warga yang berada di pinggiran sungai ciliwung untuk berhati-hati dengan kondisi saat ini," imbau dia.

Andi menambahkan, saat ini kondisi cuaca di wilayah Puncak hujan dengan intesitas ringan hingga sedang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.