Sukses

Status Gunung Slamet Naik Siaga, Radius 4 Km Dikosongkan

Menurut Sutopo, sejak 1-12 Agustus 2014 telah terjadi 478 kali gempa letusan atau 43 kali per hari.

Liputan6.com, Jakarta - Status Gunung Slamet kembali naik menjadi Siaga. Maka itu bagi warga yang tinggal di sekitar gunung agar mengosongkan radius 4 kilometer dari pusat erupsi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, potensi bahaya erupsi di radius 4 km dari pusat erupsi, menghasilkan material berukuran abu hingga lapili berukuran 1-4 cm, lontaran batu pijar, dan hujan abu lebat.

"Sedangkan material abu vulkanik dapat mencapai jarak 10 km atau lebih tergantung pada arah angin. Erupsi yang menghasilkan aliran lava dan awan panas berpotensi terjadi di radius 4 km. Direkomendasikan agar masyarakat, pendaki, dan wisatawan tidak diperkenankan beraktivitas dalam radius 4 km dari kawah," ujar Sutopo dalam pesan singkatnya, Selasa (12/8/2014).

Sutopo menjelaskan, berdasarkan pengamatan saat ini Gunug Slamet terjadi peningkatan kegempaan, suhu air panas dan secara visual teramati letusan yang mengeluarkan semburan, serta luncuran lava pijar hingga 1,5 km ke arah barat daya, yang disertai suara dentuman dari Gunung Slamet.

"Maka terhitung Selasa (12/8/2014) pukul 10:00 WIB, status Gunung Slamet dinaikkan menjadi Siaga (level III), dari sebelumnya Waspada (level II). Kenaikan status ini ditetapkan oleh PVMBG Badan Geologi, dan telah dilaporkan kepada Kepala BNPB, BPBD Jawa Tengah dan BPBD kabupaten di sekitarnya," jelas dia.

Menurut Sutopo, sejak 1-12 Agustus 2014 telah terjadi 478 kali gempa letusan atau 43 kali per hari, 5.070 kali gempa hembusan atau rata-rata 456 kejadian per hari. Suhu di mata air Sicaya juga menunjukkan peningkatan, terukur 61,7-62,3 Derajat Celsius.

Kepala BNPB Syamsul Maarif, kata Suopo, telah memerintahkan jajaran BNPB dan BPBD agar menyempurnakan rencana kontinjensi erupsi Gunung Slamet. Beberapa upaya yang sudah dilakukan BPBD Jawa Tengah adalah memerintahkan Kepala BPBD Kabupaten Pemalang, Banyumas, Brebes, Tegal dan Purbalingga.

"Juga mengumpulkan camat dan lurah untuk melakukan koordinasi. Stok logistik dan masker di BPBD Jateng, besok pagi akan dikirimkan ke lokasi," ujar dia.

Sutopo juga mengimbau masyarakat agar tenang dan tidak terpancing berbagai isu yang tidak jelas. Hingga saat ini belum ada pengungsi. "Meski pun dalam sejarah letusan Gunung Slamet belum pernah terjadi erupsi yang besar, namun kesiapsiagaan masyarakat dan Pemda tetap terus ditingkatkan," pungkas Sutopo.

Baca juga:

Aktivitas Meningkat, Gunung Slamet Naik Status Jadi Siaga

Lava Pijar dan Sinar Api Terlontar dari Gunung Slamet

Lava Pijar dan Sinar Api Terlontar dari Gunung Slamet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini