Sukses

Senator AS: Indonesia Jadi Model Seimbangnya Demokrasi dan Islam

McCain mengatakan pihaknya sepakat dan berkomitmen untuk meningkatkan hubungan kerja sama dengan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia merupakan model seimbangnya kehidupan demokrasi dan Islam. Hal itu disampaikan Senator AS John McCain dalam keterangan pers seusai bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden.

"Kami percaya Indonesia adalah bangsa yang terbuka dan demokratis. Dengan kepemimpinan Presiden SBY, dan sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak, Indonesia bisa menjadi model seimbangnya kehidupan demokrasi dan Islam. Kami berharap situasi Indonesia senantiasa damai," ujar Senator McCain seperti dikutip dari laman setkab.go.id, Selasa (12/8/2014).

AS, lanjut McCain, sepakat dan berkomitmen untuk meningkatkan hubungan kerja sama dengan Indonesia. "Kami bangga dan akan terus memperkuat hubungan kerja sama dengan Indonesia, di antaranya di bidang ekonomi, pendidikan, lingkungan, dan militer," McCain menambahkan.

Dalam pertemuan Presiden SBY dengan McCain juga dibahas masalah ISIS (Islamic State of Iraq and Syria). Menurut Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional yang memberi keterangan sesudah McCain, fenomena ISIS ini juga dirasakan oleh banyak negara, termasuk AS. "Indonesia diharapkan bisa menjadi contoh kombinasi yang baik antara demokrasi dan Islam," kata Faizasyah.

Presiden SBY dan Senator McCain serta Senator Sheldon Whitehouse juga memperbincangkan tentang apa yang bisa dikerjakan dan peluang kerja sama antara Indonesia dan AS Presiden SBY, Faizasyah menambahkan, berkomitmen kuat meneruskan hubungan erat kedua negara.

"Terkait Presiden RI yang baru nanti, tidak perlu ada kekhawatiran dan kesangsian terhadap hubungan kerja sama Indonesia dan Amerika Serikat," kata Teuku Faizasyah.

Dibahas pula berbagai isu utama dan perkembangan kawasan, di antaranya isu Laut Cina Selatan dan pandangan SBY tentang reformasi yang terjadi di Myanmar.

McCain dan delegasi Senator AS telah berada di Jakarta selama 2 hari. Kemarin, mantan calon presiden AS dari Partai Republik itu telah bertemu dengan pimpinan MPR RI. Duta Besar AS untuk Indonesia Robert O Blake juga ikut hadir dalam pertemuan di ruang rapat pimpinan MPR RI, Jakarta. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.