Sukses

Aktivitas Meningkat, Gunung Slamet Naik Status Jadi Siaga

Surono mengimbau masyarakat, pendaki dan wisatawan untuk tidak beraktivitas dalam radius 4 kilometer dari kawah Gunung Slamet.

Liputan6.com, Jakarta - Status Gunung Slamet yang berada di wilayah Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Tegal, dan Brebes di Jawa Tengah, dinaikkan dari Waspada menjadi Siaga sejak hari ini.

"Terhitung sejak hari Selasa, pukul 10.00 WIB, status Gunung Slamet dinaikkan dari Waspada menjadi Siaga," kata Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono saat dihubungi, Selasa (12/8/2014).

Menurut dia, peningkatan status tersebut dilakukan karena adanya peningkatan kegempaan, suhu air panas, dan secara visual teramati letusan yang mengeluarkan semburan dan luncuran lava pijar hingga 1,5 kilometer ke arah barat daya serta diikuti suara dentuman.

Terkait peningkatan status tersebut, dia mengimbau masyarakat, pendaki dan wisatawan tidak beraktivitas dalam radius 4 kilometer dari kawah Gunung Slamet.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM pada tanggal 10 Maret 2014, pukul 22.00 WIB telah menaikkan status Gunung Slamet dari Aktif Normal (level I) menjadi Waspada (level II).

Peningkatan status tersebut dilakukan karena aktivitas Gunung Slamet meningkat. Oleh karena intensitas gempa atau letusannya semakin bertambah serta abunya semakin tinggi, PVMBG pada tanggal 30 April 2014, pukul 10.00 WIB, menaikkan status Gunung Slamet dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III).

Selanjutnya, PVMBG menurunkan status Gunung Slamet, dari Siaga menjadi Waspada pada hari Senin 12 Mei 2014, pukul 16.00 WIB, karena aktivitasnya cenderung menurun.

Akan tetapi, sejak pertengahan Juli 2014 Gunung Slamet kembali menunjukkan peningkatan aktivitas, sehingga PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM kembali meningkatkan status gunung tertinggi di Jateng itu menjadi Siaga pada hari ini. (Ant/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.