Sukses

Penumpang Terjebak di Puncak Roller Coaster 5 Jam

Sungguh pengalaman tak terlupakan ketika kita menaiki wahana roller coaster dan terjebak di ketinggian karena wahana mendadak berhenti.

Liputan6.com, Maryland Maksud hati bersenang-senang, tapi beberapa pengendara wahana di suatu taman bermain terkemuka di Amerika Serikat malah mendapatkan pengamalan yang tidak terlupakan. Wahana mereka terhenti selagi masih terkatung-katung di tempat tinggi.

Regu penolong menarik para pengendara yang terjebak dari suatu wahana roller coaster di Six Flags America di negara bagian Maryland pada Minggu lalu setelah tunggangan itu terhenti di jalurnya.

Sebuah kereta di roller coaster Joker's Jinx terhenti dekat di puncak wahana setinggi 79 kaki (24 meter) itu, demikian dikatakan oleh pihak berwenang. Perlu waktu lebih dari 5 jam untuk membawa 24 penumpang kembali ke tanah.

Seperti yang dilansir Liputan6.com dari CNN (11/8/2014), diberitakan oleh juru bicara Debbie Evans bahwa tidak ada yang terluka.

Video dari WJLA, sejawat CNN, menayangkan gambar para penyelamat perlahan-lahan menolong para penumpang, satu demi satu. Beberapa jam setelah operasi penyelamatan dimulai, Kepala Pemadam Kebakaran Prince George's County, Marc Bashoor, mengatakan semua penumpang selamat. Ia menayangkan serangkaian gambar dramatis di Twitter.

"Regu pemadam kebakaran telah mencapai kereta pertama di menggunakan lengan pemadam kebakaran, tiap-tiap kereta akan dikosongkan perlahan-lahan," tulisnya.

"Para penumpang terikat pada tempatnya di dalam tiap kereta, sebelum pemegang penumpang pada kereta-kereta dilepaskan," lanjutnya beberapa menit kemudian. "Kemudian dikeluarkan satu per satu, yaitu dua orang pertama di dalam lengan penyelamat."

Para pemadam kebakaran menciap foto yang menunjukkan dua lengan pemadam kebakaran yang dipergunakan untuk menolong para penumpang.

Pihak yang berwenang belum mengetahui penyebab terhentinya wahana itu, kata Evans.

"Wahana ini memiliki sistem keamanan berkomputer yang canggih dan dapat menyebabkan penghentian tunggangan. Kami masih belum yakin mengenai apa yang menghentikannya, namun wahana ini bekerja sesuai dengan rancangannya," katanya.

Di situs web mereka, Six Flags America mengatakan bahwa tunggangan itu biasanya berlangsung lebih dari 1 menit dan mencapai kecepatan hingga 65 mil per jam (setara dengan 105 kilometer per jam).

"Tanpa ada jeda atau pengereman, kamu bisa meluncur melalui gulingan kobra, gulingan sidewinder, gerakan corkscrew dan bagitu banyak gunjang-ganjing di antara gerak-gerak itu," demikian tertulis di situs web.

Ketika tunggangan itu mencapai 60 mil per jam (97 kilometer per jam) dalam hitungan 3 detik saja, tertulis demikian "hal itu bisa mengusir kerut-kerut di wajah, karena kamu sedang ditembakkan seperti peluru menuju empat jungkiran yang dimampatkan ke tumpukan baja sepanjang setengah mil (805 meter)".

Pada Minggu lalu Evans mengatakan bahwa wahana Joker's Jinx akan ditutup hingga pihak berwenang mengetahui apa yang terjadi.

"Wahana ini akan tetap ditutup hingga kami melengkapi penyidikan menyeluruh dan staf serta pihak pembuat wahana telah menentukan bahwa wahananya aman untuk dijalankan," katanya. "Keselamatan para tamu kami adalah prioritas utama." (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini