Sukses

Ciri Khas Para Presiden RI Dalam Bentuk Patung

Patung Soekarno, diwujudkan dengan gayanya yang mengangkat tangan kanan seperti saat berpidato.

Liputan6.com, Bantul - Siapa yang tak kenal sosok-sosok yang pernah menjadi orang nomor 1 di Indonesia. Tentu kebanyakan orang akan segera mengenali dari wajahnya. Tokoh-tokoh besar yang pernah memimpin bangsa Indonesia dalam wujud patung perunggu karya Yusman, seniman yang tinggal di Tirtonirmolo Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (11/8/2014), wajah dan gestur dari patung-patung tersebut tentu langsung akan mengingatkan perwujudan asli dari para presiden Indonesia.

Patung Sukarno misalnya, dengan gayanya yang mengangkat tangan kanan seperti saat berpidato. Sementara sosok Soeharto dengan senyuman khasnya tersungging di bibir presiden ke-2 kala itu.

BJ Habibie, presiden ke-3 difigurkan dengan karakter tangan dan mata yang seolah-olah sedang menyampaikan sesuatu. Sementara Presiden Abdurahman Wahid yang biasa disapa Gus Dur tampil dengan tawanya yang lepas.

Tampil mirip gaya bapaknya, Megawati terlihat mengepalkan tangan kanan ke atas seperti saat pertama kali ia menjabat presiden.

Rencana membuat patung 6 presiden yang pernah memerintah Indonesia memang belum seluruhnya selesai. Sosok Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat ini masih dalam tahap awal pengerjaan, karena membutuhkan konsultasi demi menyesuaikan keingingan SBY.

Proses pengerjaan patung-patung presiden Indonesia sudah berlangsung sejak 2 bulan lalu. Ditargetkan akhir Agustus ini seluruh patung akan selesai proses pengerjaanya. Rencananya patung-patung presiden ini akan dipajang di Muesum Kepresidenan Istana Bogor. (Riz)

Baca juga:

6 Patung Presiden dengan Ciri Khas Rampung Akhir Agustus

Pembuat 6 Patung Presiden: Soeharto Paling Sulit

Pengalaman Mistis Seniman Pembuat Patung Soeharto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.