Sukses

Topan Halong Terjang Jepang Barat, 2 Tewas Puluhan Cedera

Amukan Topan Halong juga membuat lebih dari 200 jadwal penerbangan dibatalkan. Begitu pula dengan beberapa layanan kereta super cepat.

Liputan6.com, Tokyo - Amukan Topan Halong di wilayah barat Jepang, menewaskan sedikitnya 2 warga. Topan yang disertai hujan lebat dan angin kencang itu juga membuat puluhan orang luka luka.

Menurut jaringan televisi NHK seperti dilansir Japantimes.co.jp, Minggu (10/8/2014), pemerintah telah meminta 1,6 juta orang keluar dari jalur topan yang melanda bagian barat negeri tersebut. Hingga Minggu petang waktu setempat, selain menewaskan 2 orang, sekitar 70 warga dilaporkan cedera.

Pihak berwenang mengeluarkan peringatan bahaya topan dan longsor saat badai menurunkan hujan lebat selama satu jam dan menimbulkan kekacauan perjalanan yang luas pada awal liburan musim panas ini.

NHK melaporkan, seorang hanyut di sungai di Prefektur Gifu. Korban kemudian meninggal dunia di rumah sakit. Sedangkan seorang peselancar hilang di pantai Prefektur Wakayama.

Tak hanya itu, amukan Topan Halong juga membuat lebih dari 200 jadwal penerbangan dibatalkan. Begitu pula dengan beberapa layanan kereta super cepat. Alhasil, banyak calon penumpang telantar di bandara dan stasiun kereta.

Reuters menulis, Topan Halong diperkirakan menuju ke utara melewati pulau utama Jepang di Honshu. Hujan bercurah 40 cm dan angin kencang diperkirakan melanda Jepang bagian timur, termasuk wilayah Ibukota Jepang, Tokyo. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini