Sukses

Pesawat Iran Jatuh di Teheran, 40 Penumpang Tewas

Pesawat jatuh tak lama setelah lepas landas dari bandara.

Liputan6.com, Teheran - Pesawat yang mengangkut sekitar 48 penumpang, jatuh di daerah perumahan dekat Bandara Mehrabad Teheran, Iran, Minggu (10/8/2014). Sebanyak 40 orang, termasuk beberapa anak-anak, dilaporkan tewas seketika dalam kecelakaan pesawat tersebut.

Menurut kantor berita lokal Fars, yang dilansir rt.com, Minggu (10/8/2014), pesawat Iran 140 Sepahan Air itu jatuh pada pukul 09.18 waktu setempat, tak lama setelah lepas landas dari bandara. Pesawat dilaporkan akan menuju ke Tabas di Iran Timur.

Menurut saksi mata, pesawat itu tampaknya kehilangan kendali sebelum lepas landas dari landasan pacu, dan hanya berlangsung sekitar beberapa detik di udara sebelum terjun bebas ke bawah. Bandara Mahrabad terletak di pinggiran barat Teheran. Bandara ini digunakan untuk pesawat dengan tujuan domestik.

Iran telah mengalami serangkaian kecelakaan pesawat, yang dipersalahkan pada pesawat yang sudah tua dan catatan pemeliharaan yang buruk. Demikian hal itu dikutip dari bbc.

Selain itu, banyak pesawat Iran dilengkapi dengan suku cadang tidak resmi. Ada lebih dari 200 kecelakaan yang melibatkan pesawat Iran dalam 25 tahun terakhir, yang menyebabkan lebih dari 2.000 kematian.

Iran masih dapat membeli pesawat terbang sebelum Revolusi Islam terjadi pada 1979 silam.

Sanksi perdagangan internasional diberlakukan setelah krisis penyanderaan yang diikuti, di mana 52 orang Amerika disandera di Teheran selama 444 hari. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini