Sukses

Bela Hak Anak-anak Gaza, Lionel Messi: Sebagai Seorang Ayah...

"Anak-anak bukan yang menciptakan konflik ini, namun mereka lah yang paling membayar akibatnya."

Liputan6.com, Barcelona - Pesepakbola ternama asal Argentina, Lionel Messi tak tinggal diam menyaksikan kekerasan yang terjadi di Jalur Gaza, di mana pasukan Israel melakukan serangan membabi buta yang menyebabkan lebih dari 1.900 warga Palestina tewas, ratusan di antaranya adalah para bocah tak berdosa. Ia membela hak-hak anak di daerah konflik itu.

"Sebagai seorang ayah dan Duta UNICEF, saya sangat sedih menyaksikan gambar-gambar yang merekam konflik antara Israel dan Palestina, di mana kekerasan merenggut banyak korban jiwa dari kalangan muda, juga melukai anak-anak yang tak terhitung jumlahnya," tulis Messi di laman Facebook resminya Kamis lalu, seperti Liputan6.com kutip dari Al Arabiya, Sabtu (9/8/2014).

Pada hari Jumat, pernyataan sikapnya itu dibubuhi 68.043.913 'Like'.

Messi yang kini bermain di klub Barcelona menambahkan, "Anak-anak bukan yang menciptakan konflik ini, namun mereka lah yang paling membayar akibatnya."

Pria yang lahir di  Rosario, 24 Juni 1987 itu juga mendesak dihentikannya siklus kekerasan yang 'tidak masuk akal' di Jalur Gaza. "Kita harus merenungkan konsekuensi dari konflik militer. Anak-anak harus dilindungi."

Pesan Messi ditulis dalam Bahasa Arab dan Inggris. Gambar seorang bocah Palestina yang kepalanya diperban juga disertakan.



Pernyataan yang ditulis Messi menuai reaksi dan komentar balik para penggemarnya. Ada yang merasa heran mengapa superstar lapangan hijau tersebut menyatakan dukungan pada Palestina.

"Kok bisa Anda mendukung organisasi teroris Arab," tulis seseorang -- mengacu pada Hamas, faksi pejuang Palestina yang dilabeli 'teroris' oleh Amerika Serikat.

Beberapa di antaranya menyambut baik sikap Messi. "Thanx Leo… Free Palestine" -- 'Trims Leo, Palestina Merdeka'.

Sementara, sejumlah orang berpendapat, pernyataan Messi yang mendukung hak-hak anak-anak Gaza bisa memperjelas posisi pemain bola itu terkait konflik Israel-Palestina.

Juli lalu dilaporkan bahwa pria bernama lengkap Lionel Andres Messi tersebut menyumbangkan US$ 1 juta untu Israel. Segera setelah kabar bohong itu muncul, Messi dikabarkan menyiapkan gugatan terhadap situs 'Le Competiteur' yang mengabarkan klaim tersebut.

Messi bukan satu-satunya. Sikap pemain termahal di dunia Cristiano Ronaldo bahkan terang-terangan membela Palestina.

Ia dikabarkan menyumbangkan sepatu emas yang diraihnya musim 2011 kepada kepada lembaga amal klubnya. CR7 ingin membantu anak-anak Palestina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.