Sukses

SBY: Saya Ini Tahu Diri

Masa bakti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hanya tinggal sekitar 2 bulan lagi.

Liputan6.com, Jakarta - Masa bakti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hanya tinggal sekitar 2 bulan lagi. SBY pun menegaskan, tak ada pemerintahan demisioner (keadaan tanpa kekuasaan). Ketua Umum Partai Demokrat itu menyatakan, dirinya akan mengemban tugas hingga 20 Oktober 2014.

"Sampai dengan presiden baru memulai tugasnya, kami masih akan menjalankan tugas itu. Tonggaknya adalah 20 Oktober nanti," kata Presiden SBY, seperti dikutip dari laman setkab.go.id, Jumat (8/8/2014).

"Tapi saya ini tahu diri. Saya tahu bahwa masa bakti saya, kabinet yang saya pimpin ini hanya tinggal 2 bulan lebih sedikit. Setelah itu akan ada presiden baru," ucap dia.

Oleh karena itu, Presiden SBY menegaskan, ia tidak suka sebenarnya kalau di antara anggota kabinet, menteri, misalnya sudah menganggap bahwa pemerintahan ini sudah berakhir, atau semi berakhir. Apalagi memposisikan dirinya sudah demisioner.

"Itu keliru besar, dan boleh dikatakan itu lari dari tanggung jawab, dan rakyat akan mencatat hal-hal seperti itu kalau terjadi di negeri kita ya," tegas Presiden SBY.

SBY juga menegaskan, meskipun sudah ada presiden terpilih tidak berarti segala sesuatunya yang dilaksanakan oleh pemerintahan ini harus dilakukan secara bersama atau dikonsultasikan terlebih dahulu.

"Itu juga tidak seperti itu dalam tatanan UUD kita," ujar dia.

Menurut SBY, pemerintahan yang ia pimpin ini masih memiliki tanggung jawab, misalnya untuk mempersiapkan RAPBN tahun 2015. Sebagaimana dulu pemerintahan pada tahun 2004 juga masih mempersiapkan RAPBN untuk tahun 2005.

"Itulah yang berlaku dalam sistem ketatanegaraan kita dan konstitusi kita," tutur SBY. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini