Sukses

Tikus Berlarian di Dalam Pesawat, Penerbangan Ditunda

"Tikus-tikus itu dapat menyebabkan bencana jika mereka mulai menggigiti kabel listrik pesawat. Pilot dapat kehilangan kontrol kendali".

Liputan6.com, New Delhi - Kejadian tak biasa dialami oleh maskapai penerbangan Air India, saat melakukan penerbangan dari Calcutta ke New Delhi di India. Sebab selama penerbangan, para awak pesawat harus berurusan dengan tikus-tikus yang sedang berlarian di belakang kabin pesawat.

Begitu Airbus A-321 yang mengangkut 200 penumpang mendarat di Bandara Internasional Indira Gandhi New Delhi, pesawat tersebut langsung dibawa ke area steril untuk dilakukan penyemprotan oleh petugas.

Akibat kehadiran hewan pengerat itu, pesawat yang sedianya dijadwalkan lanjut terbang lagi, terpaksa digiring ke area sterilisasi dan membatalkan penerbangan sementara waktu.

Tikus-tikus yang berkeliaran di dalam pesawat tidak boleh dianggap masalah kecil. Sebab mereka bisa memicu bahaya besar, jika merusak kabel-kabel di pesawat.

"Tikus-tikus itu dapat menyebabkan bencana jika mereka mulai menggigiti kabel listrik pesawat. Pilot yang kehilangan kontrol kendali dapat mengakibatkan pesawat kecelakaan," kata kepala petugas berwenang seperti dilansir India Times, Kamis (7/8/2014).

Pertanyaan kemudian mencuat bagaimana cara tikus-tikus tersebut bisa masuk ke dalam pesawat.

"Ini sudah sering terjadi, tikus-tikus itu mengikuti tempat penyimpanan makanan yang ada dalam katering, tempat itu sudah seperti rumah mereka, jadi mereka menaiki benda yang lebih tinggi, kemudian memakannya," lanjut petugas yang dirahasiakan identitasnya.

"Selain itu penumpang sebaiknya tidak menjatuhkan makanan ke lantai kabin, hal ini dapat membuat tikus berdatangan?" tambah si petugas.

Masalah tikus di pesawat memang membuat kekhawatiran di sejumlah maskapai India. Petugas katering yang berada di dalam burung besi pun mau tak mau harus segera melakukan tindakan, guna mencegah datangnya hewan pengerat itu.

Insiden tersebut bukan yang pertama kali terjadi dalam maskapai penerbangan. Tahun lalu, penerbangan domestik dari Mumbai terpaksa ditunda selama 2 jam, akibat tikus berlarian di dalam pesawat.

Pada tahun 2009, sebuah pesawat dari Toronto, Kanada juga harus menunda penerbangan selama setengah hari karena petugas sibuk menangkap tikus dalam pesawat. Hal serupa dialami di China. Inspektur Kesehatan China bahkan menemukan selusin hewan pengerat itu di bawah kursi penumpang saat pesawat mendarat di Bandara Internasional Gaoqi Xiamen. (Imel Pebreyanti)

Baca Juga:

Jijik, Tikus Merajalela Berkeliaran di Museum Louvre Paris

Tikus Jumbo Sepanjang 2 Kaki `Serang` Inggris

Hiii...Petani di China Temukan Tikus Got Seberat 5 Kg

(Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.