Sukses

Polri: Mr B Anggota ISIS Pernah Latih 'Teroris' di Aceh

Selain Mister B, Polri pun mengakui, masih banyak pelaku terorisme yang belum ditangkap.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang warga negara Indonesia bernama Abu Muhammad al Indonesi menjadi perbincangan setelah videonya yang mengajak WNI lain bergabung dengan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) beredar. Pria yang diidentifikasi sebagai Mister B itu diakui sebagai buronan teroris.

Selain Mister B, Polri pun mengakui, masih banyak pelaku terorisme yang belum ditangkap. Apalagi para teroris juga memiliki jaringan yang menyulitkan proses penangkapan.

"Iya (B teroris lama). Ada terkait jaringan terorisme yang sedang ditangani oleh kita. Belum tertangkap saja," kata Karopenmas Polri Brigjend Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (5/8/2014).

"Banyak sekali buronan yang belum tertangkap. Bukan hanya satu saja. Jadi perlu waktu karena buron itu punya kaki. Dia bergerak ke sana ke mari. Ada yang baru 5 tahun ketangkap. Ada yang 7 tahun baru ketangkap," imbuh Boy.

Menurut jenderal polisi bintang satu itu, Mister B yang diketahui anggota organisasi teroris dan berafiliasi dengan Al-Qaeda itu diduga pernah memberi pelatihan militer di Janto, Aceh.

"Sepertinya iya (pernah latih teroris di Aceh). Sepertinya pernah terkait kegiatan atau aktivitas pelatihan itu. Karena pernah direkrut oleh orang-orang yang kebetulan saat ini jadi tersangka dan dalam proses penyidikan," ujar dia.

Boy mengatakan, kini Polri tingga mengembangkan fakta-fakta yang sudah ada untuk melanjutkan ke langkah-langkah hukum yang lebih konkret.

"Yang penting masyarakat kita jangan sampai terhasut dengan ajakan-ajakan yang menyesatkan masyarakat," tandas Boy. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini