Sukses

Ciliwung Meluap, Kampung Pulo Terendam 1,5 Meter

Air mulai membanjiri pemukiman warga di Kampung Pulo sejak Selasa (5/8/2014) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Kawasan Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, kembali dibanjiri air setinggi 1,5 meter. Penyebabnya Kali Ciliwung yang meluap akibat hujan deras di kawasan Bogor pada Senin 4 Agustus sore.

Lurah Kampung Melayu, Bambang Pangestu mengatakan, air mulai membanjiri pemukiman warga di Kampung Pulo sejak Selasa (5/8/2014) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Banjir akhirnya mencapai tinggian puncak pada pukul 06.00 WIB.

"Ketinggian air antara 20 cm sampai 150 cm dengan jarak 15 meter dari bantaran kali," kata Bambang melalui pesan singkat.

Akibat banjir yang melanda, tak kurang dari 7 RW di wilayah Kelurahan Kampung Melayu terendam air. Sebanyak 3.427 Jiwa dari 1.508 kepala keluarga pun menjadi korban.

"Tapi sejauh ini belum ada warga yang mengungsi," lanjutnya.

Sementara Kosim, salah seorang warga Gang V, Kampung Pulo, Jakarta Timur mengaku, banjir kali ini memang cukup tinggi. Tapi tidak separah seminggu lalu atau sehari sebelum lebaran.

Menurut Kosim, banjir kala itu mencapai 2 hingga 3 meter. Tak ayal, banyak warga yang sudah pulang kampung harus segera kembali untuk menyelamatkan barang-barang.

"Ini sih cuma 1,5 meter. Waktu sehari sebelum Lebaran banjirnya sekitar dua meter sampai tiga meter. Yang sudah mudik kembali lagi ke sini," ungkap Kosim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini