Sukses

Open House Sultan HB X Sita Perhatian Warga Lokal dan WNA

Sietske pun ikut mengantre bersama warga lainnya. Walau pun asli Belanda, ia ingin anaknya dapat mengenal budaya Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Open house yang digelar Gubernur DIY sekaligus Raja Kraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X di Bangsal Kepatihan, tidak hanya menarik warganya, tapi juga warga luar kota Yogyakarta dan WNA.

Salah satu warga asli Belanda Sietske Rijpkema, mengaku sangat tertarik dengan budaya asli Indonesia. Ia mengaku sudah menghadiri dua kali menghadiri open house Sultan.

Tahun lalu Ia pernah hadir dan bersalaman dengan Sultan. Kendati, ia sangat antusias untuk bertemu dengan Sultan bersama suami dan anaknya.

"Saya pengin banget ketemu Sultan. Dulu pernah tapi tidak sama anak saya. Sekarang suami dan anak ikut semua," ujar Sietske yang mempunyai suami asli Yogyakarta itu.

Sietske pun ikut mengantre bersama warga lainnya. Walau pun asli Belanda, ia ingin anaknya dapat mengenal budaya Yogyakarta. Sang buah hati yang bernama Kenichi Wijaya yang masih berumur 1 tahun itu juga turut antre bersama ribuan warga lainnya.

"Memperkenalkan budaya di sini. Tadi berangkat jam 9, dari Gowok, Sorowajan, Bantul," ujar mahasiswi seni pertunjukan Universitas Gajah Mada (UGM) itu.

Tak hanya Sietske warga asal Magelang Suhar juga antusias bertemu Sultan. Antusias ini terlihat dari raut mukanya usai bertemu Sultan. Saat bersalaman dengan raja Keraton Yogyakarta itu ia langsung meminta doa.

"Saya langsung ngomong minta didoakan Sultan agar diberi berkah dan kesejahteraan. Senang sudah ketemu beliau," ujar pria berumur 57 itu.

Suhar mengaku sudah berada di Kepatihan sejak pukul 05.30 WIB. Padahal acara open house Sultan dimulai pukul 10.00 wib. Namun penantian itu terbayarkan dengan bertemu dan berjabat langsung dengan Sultan.

"Ya pokoknya sudah ketemu sudah lega. Senang pokoknya," ujarnya.

Sementara Kepala Bagian Humas Biro Umum, Humas dan Protokol Pemda DIY Iswanto mengatakan, prediksi jumlah tamu yang hadir saat open house Sultan diperkirakan mencapai 3 ribu orang. Namun kenyataannya jumlah tamu yang ingin bertemu dengan Sultan lebih banyak. Sehingga warga harus berdesak-desakan.

"Kita perkirakan ada sekitar 3 ribu tapi ternyata yang datang melebihi perkiraan," ujarnya.

Baca juga:

Open House Sultan HB X, Warga Yogya Rela Bolos Kerja

Beringin Alun-alun Yogya Terbakar, Dipercayai Pertanda Buruk?

Adik Sultan: Mungkin Sesaji yang Membakar Beringin Kembar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini