Sukses

Arus Mudik Masih Tinggi, PT KAI Perpanjang Operasional KA Lebaran

Jonan mengaku terjadi peningkatan jumlah penumpang dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu

Liputan6.com, Jakarta - Masih tingginya arus mudik libur lebaran tahun ini membuat PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperpanjang jadwal operasional KA Lebaran hingga tanggal 10 Agustus 2014 mendatang. Hal itu dikatakan oleh Direktur UTama PT KAI, Ignasius Jonan. Menurut Jonan, hingga tanggal 1 Agustus 2014 kemarin sampai dengan hari ini keberangkatan penumpang dari Stasiun Senen ke timur masih tinggi, yakni sekitar 20 ribu hingga 21 ribu penumpang.

Jonan menjelaskan tingginya keberangkatan dari Jakarta ke arah timur sudah terjadi sejak 22 Juli sampai 1 Agustus 2014 yang mengartikan masih banyak pula masyarakat yang baru mudik setelah hari raya. Bahkan, kata dia, arus penumpang KA dari Jakarta ke timur pada 2 Agustus lalu ternyata juga masih relatif tinggi sekitar 19 ribu penumpang dibandingkan keberangkatan pada hari-hari biasa.

"Dari Gambir saja, keberangkatannya masih sekitar 10 ribu penumpang, lebih tinggi dari hari-hari biasanya. Kalau biasanya paling sekitar 5.000-6.000 penumpang," kata Jonan di Jakarta, Senin (4/8/2014).

Dengan masih tingginya arus mudik kali ini, ucap Jonan, pihaknya memutuskan untuk memperpanjang jadwal operasional KA Lebaran 2014 hingga enam hari mendatang atau 10 Agustus 2014.

"Ya kan bisa juga mereka baru mudik setelah hari raya. Istilahnya mereka sudah ngalah tidak berhari raya di kampung halaman karena masih tugas dan sebagainya. Kasihan kalau tidak difasilitasi," katanya.

Berkaitan dengan arus mudik dan balik lebaran 2014, Jonan mengaku terjadi peningkatan jumlah penumpang dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu. (Ant/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini