Sukses

Siaga III, Tinggi Air Katulampa Meningkat Drastis Jadi 1,5 Meter

Ketinggian air di Bendungan Katulampa, Bogor, kembali meningkat menjadi 150 cm pada pukul 19.30 WIB.

Liputan6.com, Bogor - Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat yang terus gempur hujan dengan intensitas lebat membuat debit air di Bendungan Katulampa terus meningkat. Ketinggian air mencapai angka 150 centimeter dengan status Siaga III.

Kepala Bendungan Katulampa, Andi Sudirman mengatakan awalnya kondisi debit air terpantau normal, hanya 30 cm pada pukul 17.00 WIB. "Akibat hujan lebat di kawasan Puncak, tinggi muka air meningkat cukup drastis menjadi 100 cm dengan status Siaga III pada jam 7 malam," jelas Andi, Senin (4/8/2014).

Kemudian, imbuh Andi, ketinggian air kembali meningkat menjadi 150 cm pada pukul 19.30 WIB. Ia menuturkan ketinggian air bisa kembali meningkat bila kawasan Puncak terus diguyur hujan.

"Hingga saat ini ketinggian air masih bertahan. Kami terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan Jakarta untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung," tutur Andi.

Diperkirakan debit air yang melalui bendungan peninggalan zaman penjajahan Belanda itu sebanyak 276 ribu liter per detik. Sementara, kondisi cuaca di kawasan Bogor saat ini masih diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Baca juga:

Katulampa Siaga III, Warga Ciliwung Diimbau Waspada
Bendungan Katulampa Siaga IV, Warga Diminta Waspada
Bendungan Katulampa Siaga IV, Warga Ciliwung Diimbau Waspada

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.