Sukses

8 Kelurahan di Jakarta Terancam Banjir Kiriman

Bendungan Katulampa kini berstatus Siaga III.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan yang mengguyur kawasan Bogor, Jawa Barat sejak siang tadi mengakibatkan ketinggian muka air di Bendungan Katulampa mengalami peningkatan. Bahkan, menurut data Pusat Data Operasional Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPBD) DKI Jakarta, tinggi muka air di Bendungan Katulampa telah mencapai posisi Siaga III.

"Pukul 20.00 WIB. Katulampa 130 cm/G atau Siaga III," ujar operator Pusdalops DKI Adhe dalam pesan singkatnya yang diterima Liputan6.com, Senin (4/8/2014).

Ia menjelaskan kronologi kenaikan pintu air Katulampa dimulai pada pukul 18.00 WIB, setinggi 40 centimeter atau pada Siaga IV. Kemudian pada pukul 19.00 WIB, meningkat menjadi 100 cm atau Siaga III, dan pada pukul 19.20 WIB ini pada posisi 150 cm atau Siaga II. Lalu turun lagi menjadi Siaga III.

Dengan kondisi itu, Pusdalops memperingatkan agar warga mewaspadai terjadinya banjir kiriman di sejumlah daerah di bantaran sungai di Jakarta. ‎Khususnya beberapa daerah langganan yang mungkin menerima banjir kiriman.

"Antisipasi daerah yang akan terdampak, yaitu Kelurahan Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Gang Arus atau Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Bidara Cina, dan Kampung Melayu," jelasnya.

Baca juga:

Katulampa Siaga III, Warga Ciliwung Diimbau Waspada
Bendungan Katulampa Siaga IV, Warga Diminta Waspada
Bendungan Katulampa Siaga IV, Warga Ciliwung Diimbau Waspada

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.