Sukses

Katulampa Siaga III, Warga Ciliwung Diimbau Waspada

Hingga saat ini hujan dengan intensitas lebat masih mengguyur kawasan Puncak dan sekitarnya.

Liputan6.com, Bogor - Hujan yang melanda wilayah Bogor dan sekitarnya sejak sore hari mengakibatkan debit air di Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat kembali naik mencapai ketinggian 1 meter atau status Siaga III.

Kepala Bendungan Katulampa Andi Sudirman mengatakan volume air di Sungai Ciliwung sempat bertahan di angka 30 cm pada pukul 17.00 WIB. Namun sekitar pukul 18.00 WIB ketinggian air naik kembali.

Tinggi muka air (TMA) di Katulampa akhirnya terus meningkat pada pukul 19.00 WIB pada angka 100 centimeter. Jika pada angka 100 cm atau level Siaga III, diperkirakan volume air yang melewati bendungan tersebut sebanyak 138 ribu liter per detik.

"Ini disebabkan karena wilayah Puncak diguyur hujan sejak sore hari," jelas Andi kepada Liputan6.com di Bogor, Senin (4/8/2014).

Sejauh ini pihaknya terus berkomunikasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan di Depok untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

"Untuk itu warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk berhati-hati dan waspada dengan kondisi saat ini," imbau Andi.

Hingga saat ini hujan dengan intensitas lebat masih mengguyur kawasan Puncak dan sekitarnya. Bila hujan tidak berhenti selama beberapa jam, volume air diperkirakan akan bertambah.

Baca juga:

Bendungan Katulampa Siaga IV, Warga Diminta Waspada
Cek Titik Genangan Air di Jakarta Minggu Dini Hari
Bendungan Katulampa Siaga IV, Warga Ciliwung Diimbau Waspada

(Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini