Sukses

Misteri Wanita Berpakaian Hitam Disebut "Hantu Gaza"

Liputan6.com, Winchester - Entah apa kaitannya seorang wanita berpakaian serba warna hitam dengan konflik Israel dan Hamas Palestina di tanah Gaza. Tapi sejumlah netizen ramai membicarakannya sebagai sosok misterius. Mereka menyebutnya sebagai "hantu gaza".

Foto-foto wanita berpakaian hitam itu menyebar dan ramai dibicarakan di media sosial, baik Twitter maupun Facebook. Perempuan itu diketahui berkelana di Amerika Serikat. Asal usulnya dipertanyakan. Tapi wanita itu kabarnya kini berada di Winchester, Virginia, AS.

Seperti dimuat Al-Arabiya, Minggu (3/8/2014), ada yang meyakini perempuan itu jelmaan korban di Gaza dan menyebutnya sebagai hantu, "The #gaza strip ghost". Pengguna lainnya, seperti @dogmaticfan, mempertanyakan, "Apakah wanita itu dari Hamas?"

Pengguna internet yang lain mempertanyakan agama seorang wanita itu, "Apakah ia seorang Muslim atau bukan, pakaian apa yang ia pakai itu?"

Saking ramainya, seseorang iseng membuat fanpage bertajuk "Where is the woman in black?". Sudah hampir sebulan laman Facebook itu mengemuka, dan sudah mendulang 77 ribu followers.



Dalam laman Sydney Morning Herald, wanita itu disebutkan bernama Elizabeth Poles. Perempuan 54 tahun itu telah menempuh perjalanan kaki menuju rumah ayahnya di Winchester.

Dia adalah seorang janda, ditinggalkan suaminya pada 2008. Menurut sang adik, Raymond Poles, ia merupakan veteran perang Amerika Serikat. Tempat tinggal terakhirnya adalah rumah sakit  Veterans Affairs hospitals.

Terkait Gaza, tentara Israel saat ini menyerang sekolah PBB di Rafah, Gaza Selatan. Akibatnya sebanyak tujuh orang yang berada di dalam tempat pendidikan itu tewas.

Israel berdalih, ada pasukan Hamas yang bercokol di sekolah tersebut, sehingga mereka terpaksa menyerangnya. Belum ada konfirmasi dari Hamas soal insiden itu

Serangan terbaru ini menambah daftar korban tewas di Gaza. Hingga kini, korban jiwa mencapai lebih dari 1.700 orang. Sementara, 63 tentara dan 3 warga sipil dari Israel tewas.  (Yus)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini