Sukses

Terminal Kampung Rambutan Bersiap Hadapi Puncak Arus Balik

Pengelola terminal juga menyiapkan berbagai angkutan kota malam hari untuk para pemudik yang baru tiba malam atau dini hari.

Liputan6.com, Jakarta - Arus balik libur Lebaran 2014 diprediksi mencapai puncaknya pada Sabtu malam atau Minggu dini hari. Hal itu diprediksi juga akan terjadi di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Sejak Sabtu pagi hingga siang ini, mulai terjadi peningkatan jumlah kedatangan bus dari berbagai daerah. Meski begitu, diperkirakan jumlah ini baru akan mencapai puncaknya pada Sabtu malam.

Kepala Terminal Kampung Rambutan Dwi Basuki mengatakan, jumlah penumpang yang datang di Jakarta sudah menunjukkan tanda-tanda kenaikan sejak Jumat kemarin. Tapi, dirinya memperkirakan jumlah penumpang akan mencapai puncaknya pada Sabtu malam.

"Kemarin memang sudah terlihat peningkatan pemudik. Hari ini jumlahnya akan terus meningkat," kata Dwi di kantornya, Sabtu (2/8/2014).

Berdasarkan data yang dihimpun, jumlah pemudik pada Jumat mencapai 25.723 penumpang dengan menggunakan 636 bus. Jumlah ini jauh meningkat dibanding Kamis 31 Juli 2014 yang hanya 19.989 penumpang dengan 618 bus.

"Untuk hari ini belum ada datanya karena baru akan dihitung besok pagi," lanjutnya.

Pihaknya juga menyiapkan berbagai angkutan kota malam hari untuk para pemudik yang baru tiba malam atau dini hari. Jadi, pemudik dapat langsung pulang ke rumah walaupun pada malam hari.

Sementara, dirinya memperkirakan jumlah pemudik yang tiba tahun ini mengalami penurunan jumlah. Pada arus balik 2013 H+5, jumlah pemudik yang kembali menuju Ibukota mencapai 33.909 penumpang dengan 651 bus.

"Sepertinya tahun ini tidak sampai segitu. Akan lebih sedikit. Karena dilihat dari jumlah keberangkatan di terminal ini juga lebih sedikit," tandasnya. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.